6 RIBU PENGUNGSI SINABUNG DIKEMBALIKAN KE 8 DESA

MEDAN (Berita): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara menunggu hasil  vulkanologi dalam dua-tiga hari ini untuk segera mengembalikan sekira 6 ribu jiwa pengungsi Sinabung ke delapan desa tempat mereka tinggal selama ini.

“Kami sedang menunggu hasil dari Badan Vulkanologi mengenai kondisi Gunung Sinabung terakhir untuk kepastian memulangkan pengungsi ke daerah mereka semula,” kata Asren Nasution, Kepala BPBD Sumut kepada Berita di Medan Kamis (10/4) menanggapi kondisi terakhir gunung Sinabung.

Asren menyebut penanganan pengungsi Sinabung ada tiga kategori yakni pemulangan penduduk ke 8 desa yang tetap aman untuk pemukiman maupun usaha pertanian,  3 desa tak bisa dipakai lagi baik untuk pemukiman maupun pertanian, 5 desa lagi dipertimbangkan karena daerah tersebut  terkena erupsi.

Ia menjelaskan tiga desa yang direkonmendasi tak bisa dipakai lagi karena pas berada di lereng dan bibir gunung Sinabung yakni Desa Sukameria, Desa Simacem dan Desa Bekeriah ditetapkan untuk direnovasi lebih lurang 400 KK.  “Jadi sebelum siap direnovasi, mereka disewakan dulu rumah supaya nyaman,” kata Asren.

Mereka juga  akan diberikan jatah hidup (Jadup) Rp6.000 ditambah 2,4 kg per bulan/jiwa. Mereka juga dialokasikan ke lokasi lahan yang bisa untuk bercocok tanam dan sekarang tahap proses di Desa Sicanambun, Kec. Merek 250 ha untuk lahan pertanian dan rumah.

Pada 16 April rapat antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemkab Karo, BPBD untuk membuat site plan Desa Sicanambun itu jadi buat perkampungan baru.  ” Ada pertemuan dengan Kepdes  dan para pengungsi itu umumnya mau dan mengusapkan,” katanya.

Sementara itu, untuk pengungsi yang dipulangkan, kata Asren, sebelum pulang ke rumah, mereka  sosialisasi lagi seperti rumah dibersihkan untuk dua-tiga hari lagi.
Dengan kembalinya pengungsi ke daerah asal, maka tersisa 5 ribuan pengungsi lagi. (Wie)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to 6 RIBU PENGUNGSI SINABUNG DIKEMBALIKAN KE 8 DESA

  1. Pingback: buy bins cvv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *