11.607 PENGUNGSI KORBAN SINABUNG MENCOBLOS DI 31 TPS

MEDAN (Berita): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  secara khusus memantau pelaksaan pemilihan umum di Kabupaten Karo. Di kabupaten ini sebanyak 11.607 pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung menggunakan hak pilihnya di 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Sumut Mulia Banurea mengatakan, salah satu fokus pemantauan KPU dan tim pemantau Pemilu dari Kantor Gubernur Sumut adalah Kabupaten Karo karena banyaknya pengungsi yang terpaksa menggunakan hak pilihnya bukan di TPS seperti dalam daftar pemilih tetap.

“Usai menggunakan hak pilih, saya dan musyawarah pimpinan daerah seperti Gubernur, Panglima Kodam I/BB dan Kapolda Sumut  bertolak ke Kabupaten Karo dengan helikopter memantau pengungsi Sinabung yang menggunakan hak pilihnya. Mudah-mudahan dengan kunjungan kami pengungsi antusias menggunakan hak pilihnya,” kata Mulia, Rabu (9/4).

Tim pemantau Pemilu dari kantor gubernur, kata Sekretaris Daerah Sumut Nurdin Lubis,  memantau jalannya pencoblosan di TPS yang disiapkan untuk pengungsi.” Personil tim pemantau sudah di Kabupaten Karo sejak kemarin. Tugas tim pemantau memastikan hak pilih pengungsi tidak terabaikan. Namun penyelenggaraan Pemilu tetap di tangan KPU Karo,” katanya.

Sementara anggota KPU Karo, Jesaya Pulungan, mengatakan, TPS pengungsi korban erupsi Sinabung tetap di daerah pemilihan (dapil) asal.  “Pengungsi hanya berpindah TPS ke TPS yang dekat dengan lokasi pengungsian, tapi tetap di dapil asal dimana pengungsi terdaftar sebagai pemilih,” kata Jesaya.

Bagi pengungsi yang mencoblos di TPS yang jauh dari lokasi penampungan, KPU, ujar Jesaya menyediakan angkutan gratis. “KPU menjemput dan mengantar pengungsi yang menggunakan hak pilihnya dengan angkutan yang disiapkan KPU,” tutur Jesaya.(aje)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to 11.607 PENGUNGSI KORBAN SINABUNG MENCOBLOS DI 31 TPS

  1. Pingback: mdma for sale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *