KAPAL TIONGKOK TEMUKAN SINYAL DI SAMUDRA HINDIA

MedanBisnis – Haixun. Kapal patroli Tiongkok Haixun 01, yang mencari pesawat jet penumpang Malaysia MH370, mendeteksi sinyal dengan frekuensi 37,5kHz per detik di perairan Samudra Hindia, Sabtu (5/4).

Pendeteksi kotak hitam yang digunakan oleh Haixun 01 menangkap sinyal sekitar 23 derajat Lintang Selatan dan 101 derajat Bujur Timur. Belum diketahui apakah itu berkaitan dengan jet yang hilang tersebut.

Kapal Angkatan Laut Tiongkok telah meningkatkan upaya mereka untuk mencari pesawat Malaysia Airlines dengan Nomor Penerbangan MH370 di bagian selatan Samudra Hindia, kata seorang wartawan Xinhua di lokasi,yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu malam tadi.
Dua kapal Angkatan Laut Tiongkok –Jianggangshan dan Kunlunshan– bergabung dengan kapal patroli Tiongkok Haixun 01 pada Sabtu di daerah pencarian.

Kapal penghancur rudal Tiongkok Haikou bertugas di daerah pencarian yang berpusat pada 26 derajat Lintang Selatan dan 96 derajat Bujur Timur, dan kapal pasokan Tiongkok Qiandaohu mencari di daerah selatan pada 29 derajat Lintang Selatan dan 98 derajat Bujur Timur.

Armada empat kapal Angkatan Laut Tiongkok bergabung pada 30 Maret di perairan di sebelah barat Perth, Australia, untuk mengkoordinasi pencarian pesawat jet Malaysia yang hilang itu.
Armada tersebut sejauh ini telah menemukan dan mengesampingkan beberapa objek, tapi tak ada yang berkaitan dengan pesawat MH370 yang ditemukan, demikian keterangan yang diterima Xinhua.

Termahal dalam sejarah
Sebelumnya diberitakan, pencarian dan penyelidikan pesawat hilang bernomor penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines yang sejauh ini sudah menghabiskan 53 juta dolar AS (Rp 598,9 miliar) adalah yang paling mahal dalam sejarah penerbangan, lapor Fairfax Media seperti ditulis Sidney Morning Herald.

Sebelumnya yang termahal adalah pencarian pesawat Air France Penerbangan 447 yang jatuh di Samudera Atlantik yang menelan biaya 50 juta dolar AS (Rp565 miliar).

Namun dana sebesar 50 juta dolar AS untuk mencari Air France 447 itu dipakai selama dua tahun pencarian, sedangkan 53 juta dolar AS untuk MH370 sudah habis dalam empat pekan.
Ongkos terbesar adalah untuk mengoperasikan kapal perang, satelit, pesawat terbang dan kapal selam, yang pertama kali di Laut Tiongkok Selatan dan Selat Malaka, lalu di lokasi-lokasi terpencil di selatan Samudera Hindia. (ant)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

1 Response to KAPAL TIONGKOK TEMUKAN SINYAL DI SAMUDRA HINDIA

  1. Pingback: Buy Marijuana wholesale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *