8 NYERI YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN PRIA

SUMUTPOS.CO – Dibandingkan dengan wanita, pria mungkin merasa lebih kuat menahan rasa nyeri. Namun tidak semua jenis nyeri boleh diabaikan, beberapa di antaranya sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Berikut 8 jenis nyeri yang sebaiknya tidak dianggap remeh para pria

1. Nyeri kaki disertai dengan pembengkakan

Duduk selama berjam-jam sangat mungkin menimbulkan pembengkakan di daerah betis atau area kaki lainnya. Jika disertai dengan nyeri, ada kemungkinan darah yang berada di kaki telah membentuk gumpalan yang dikenal sebagai trombosis vena. Jika anda mengalaminya, sebaiknya jangan menggosok-gosok area kaki tersebut.

“Hal ini dapat menimbulkan adanya gumpalan besar darah menuju paru-paru yang membahayakan nyawa anda,” kata Dr. John Stamatos, seperti dilansir laman News Max Health, Selasa (1/4).

Anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter, yang biasanya kemudian akan melarutkan bekuan darah tersebut dengan obat-obatan.

2. Nyeri punggung

Apakah punggung terasa nyeri padahal anda tidak baru saja mengangkat benda-benda berat? Nyeri punggung yang tidak berhubungan dengan olahraga bisa menjadi aneurisma aorta. Kondisi ini bisa membahayakan nyawa jika tak segera dikonsultasikan ke dokter.

3. Nyeri perut

Munculnya rasa nyeri hebat seperti ditusuk-tusuk dari dalam perut sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter. Hal ini disebabkan oleh banyaknya organ tubuh yang terdapat di dalam area tersebut. Dengan berkonsultasi, dokter akan segera menemukan organ mana yang memang membutuhkan pengobatan, apakah usus, empedu, pankreas, atau organ lainnya.

4. Nyeri dada

Jika nyeri tersebut muncul dan hilang dengan cepat, bisa jadi itu merupakan gastroesophageal reflux yang memberi efek sensasi terbakar di area dada. Bahkan jika durasinya sangat pendek pun tetap bisa menjadi tanda sesuatu yang serius.

5. Nyeri pada tulang kering

Jika anda merasakan nyeri di kaki bagian atas atau di tulang kering saat berolahraga dan berlanjut saat sedang istirahat, maka anda mungkin mengalami stres fraktur. Ketika tulang mengalami stres, mereka akan beregenerasi dan menjadi lemah. Saat mengalaminya, anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter, istirahat total dan mungkin akan digips.

6. Sakit kepala mendadak

Sakit kepala yang mendadak kemungkinan bisa muncul karena sinus, pendarahan otak atau tumor otak. Sakit kepala merupakan gejala klasik dari aneurisma otak. Jika anda tidak yakin apa penyebabnya, maka sebaiknya anda tidak menunda lagi untuk memeriksa ke dokter

7. Nyeri mendadak pada pangkal paha

Ada kemungkinan nyeri pada area pangkal paha merupakan torsi testis yang disebabkan oleh cacat bawaan. Normalnya, testis seorang pria melekat pada tubuh dengan dua cara: lewat spermatic cord yang berasal dari perut dan jangkar berdaging dekat skrotum.

Namun terkadang bayi yang mengalami cacat bawaan umumnya tidak memiliki jangkar tersebut. Hal ini memungkinkan salah satu spermatic cord untuk terbelit dan memotong aliran darah ke testis.

8. Nyeri saat buang air kecil

Munculnya rasa nyeri saat buang air kecil dan adanya perubahan warna bisa menjadi tanda kanker kandung kemih, kanker yang cukup umum terjadi pada pria. Selain itu, nyeri saat buang air kecil juga bisa menjadi tanda infeksi kandung kemih. Biasanya dokter akan melakukan urinalisis untuk memeriksa infeksi penyebab sebelum membuat diagnosa dan menentukan pengobatan lebih lanjut.(fny/jpnn)
sumber: News Max Health
sumber : sumutpos

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

1 Response to 8 NYERI YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN PRIA

  1. Pingback: blogtov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *