BESOK, GELAR PERKARA KASUS ALKES RSU TARUTUNG RP 8,8 MILIAR

TARUTUNG ( Berita): Polres Taput akan melakukan gelar perkara terkait  dugaan  kasus korupsi Alkes Rp 8,8 miliar di Rumah Sakit Umum (RSU)Tarutung, di Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Sumutera Utara Selasa (1/4) besok.

“Ini sebagai tindaklanjut pengusutan dugaan korupsi Alkesdi RSU tarutung.Jadi tidak benar di endapkan,” ujar Kapolres Taput melalui Kasubbag Humas Polres Aiptu  W Baringbing SH kepada wartawan, Jumat (28/3) Dia mengaku, terkait pengusutan kasus tersebut, sudah tujuh orang diperiksa sebagai saksi.

Ketujuh orang tersebut terdiri dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguan Anggaran (KPA), Ketua Panitia Lelang dan tiga distributor Alkes “Pengusutan dugaan kasus tersebut masih terus dilanjutkan.

Bukan diendapkan. Tunggu sajalah proses hukumnya. Kasusnya masih tahap penyelidikan sehingga belum bisa ditetapkan siapa tersangkanya. Kita  berkomitmen akan menuntaskan kasus tersebut tanpa ada intervesi oleh pihak mana pun.

Sehingga diketahui berapa kerugian yang timbul,” jelas Baringbing.Terkait kasus itu, dia tegaskan,yang sudah diperiksa  yakni, RS selaku Ketua Panitia Lelang,  SH selaku KPA,  HS selaku PPK dan kemudian BS selaku pengusul proposal ke Kemenkes selanjutnya rekanan dan distributor Alkes.

“Pemeriksanan itu sifatnya masih sebagai saksi saja untuk memberikan keterangan terkait laporan masyarakat tentang penggunaan anggaran untuk proyek Alkses di  tahun 2012 lalu. Pemeriksaan terhadap saksi-saksi sudah hampir tuntas. Beberapa mantan pejabat RSU Tarutung sudah diminta keterangan,”ujarnya.

Menurutnya, dalam kasus itu Polres Taput akan berupaya menuntaskannya dan tidak ada kasus ini untuk ditutupi. Dia mengaku, karena kasus ini merupakan kasus yang rumit, penyedik dari Polres Taput saat ini terus melakukan pengusutan dan lag imengumpulkan bukti-bukti yang akurat.

“Dalam proses hukum tidak ada tebang pilih. Semuanya kita lakukan sesuai dengan prosedur.Siapa yang salah tetap kita tindak sesuai dengan proses hukum yang berlaku,“ tambah Baringbing. (WSP/a21).
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to BESOK, GELAR PERKARA KASUS ALKES RSU TARUTUNG RP 8,8 MILIAR

  1. Pingback: cyber security issues in baking industry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *