1 APRIL, TARIF KA EKONOMI PUTRI DELI DAN SIREKS RP 20.000

MedanBisnis – Medan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut-NAD mendapatkan subsidi untuk Kontrak Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation/PSO) dari Dirjend Perkeretapian Kemenhub RI. Subsidi sebesar Rp 1,3 triliun di tahun ini untuk mensubsidi tarif kereta ekonomi Putri Deli dan Siantar Ekspres (Sireks).
“PT KAI mendapatkan kontrak PSO untuk subsidi angkutan kereta api kelas ekonomi pada dua KA ekonomi kita. Yakni, Putri Deli dengan rute Medan-Tanjung Balai dan Sireks Medan-Siantar. Mulai 1 April 2014 ini akan diberlakukan,” kata Manager Angkutan Penumpang dan Barang PT KAI Divre I Sumut-NAD Bobby kepada wartawan, Rabu (26/3), di Kantor PT KAI Jalan HM Yamin Medan.

Bobby didampingi Asisten Manager Humas KAI Sumut-NAD Paiman mengatakan pemberian subsidi melalui PSO ini baru saja diteken kontraknya di Kemenhub Pusat. “Makanya program subsidi baru dimulai April 2014. KA Putri Deli Medan-Tanjung Balai sesuai tarif reguler yakni Rp 35.000 dan Sireks Medan-Siantar Rp 40.000, setelah disubsidi masing-masing turun dan menjadi Rp 20.000,” katanya lagi.

Dikatakannya, total subsidi yang mereka terima yakni sebesar Rp 1,3 triliun tahun 2014. Dan, subsidi ini berlaku mulai April hingga Desember 2014.

Subsidi ini, jelasnya, diberikan berdasarkan jumlah seat (tempat duduk). Sesuai dengan ketersediaan masing-masing yakni Putri Deli lima kereta ekonomi (530 seat) dengan frekuensi tiga kali PP atau enam kali perjalanan per hari (6 perjalanan dikali 530 seat). Lalu, Siantar Ekspres (Sireks) tiga kereta ekonomi (318 seat) frekuensi satu kali PP atau dua kali perjalanan per hari (dua kali perjalanan 318 seat.

“Pemberian subsidi ini berdasarkan jumlah seat yang tersedia setiap hari berdasarkan kemampuan kereta masing-masing dan bukan berdasarkan jumlah penumpang yang diangkut. Kalau untuk KA Putri Deli isiannya hampir penuh yakni rata-rata 80% setiap harinya. Namun, untuk Sireks masih minim dan okupansinya di luar weekend, perhari sekitar 65%,” jelas Bobby.

Pihaknya juga menjelaskan akan memberlakukan sistem refund (pengembalian) uang tiket bagi penumpang yang sudah melakukan pembelian jauh-jauh hari dengan tanggal keberangkatan di atas 1 April.

“Bagi penumpang yang sudah membeli tiket sejak lama 30 hari atau 90 hari sebelum keberangkatan, kami akan berlakukan refund sesuai selisih tarif yang disubsidi. Refund akan diberikan pada loket keberangkatan. Jika pada loket keberangkatan, penumpang lupa mengurus refund maka kita berikan waktu tiga hari,” kata Bobby.

Sementara itu, sistem jalur ganda atau double track dari Stasiun Aras Kabu menuju Stasiun Besar Medan akan mulai dibangun pada April 2014. Pengerjaan akan dimulai pada bulan April dengan proyek dari Kemenhub RI.

“Untuk double track yang dibangun ini, kita memang meminta elevated railway. Kalau elevated lebih gampang dan tidak membuat macet. Kita lihat saja nanti seperti apa proyeknya. Karena itu langsung dikerjakan oleh Kemenhub RI. Yang pasti akan dimulai April ini,” tegas Bobby. ( romi)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

1 Response to 1 APRIL, TARIF KA EKONOMI PUTRI DELI DAN SIREKS RP 20.000

  1. Pingback: Modding A Rolex Green Sticker Replica Series 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *