MENDAG TERAPKAN HARGA TRANSPARAN BUAT PETANI

Starberita – Jakarta, Pemerintah dalam hal ini Kementrian Perdagangan (Kemendag) terus melakukan perbaikan untuk mensejahterakan kehidupan petani. Untuk memuluskan langkah ini, pihak Kemendag dalam waktu dekat bakal mengeluarkan kebijakan dan perubahan untuk perdagangan.

“Kebijakan yang sebentar lagi Kemendag terapkan yakni dengan memasang secara transparan harga pangan dipasaran,” ucap Lutfi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (21/3).

Menurut Lutfi, dengan adanya display harga ini, diharapkan para petani bisa menghitung sendiri berapa seharusnya harga pangan yang mereka jual.”Nanti sebanyak 133 pasar induk atau pasar besar dari 33 provinsi akan dilengkapi display harga yang bisa dilihat langsung oleh petani,” kata dia.

Lutfi menjelaskan, dengan cara ini akan ada transparansi dengan harga dari Kementerian Pertanian, dan akan diperlihatkan di pasar maupun balai lelang.”Petani bisa lihat, di sentra pasar berapa. Ongkos kirim berapa, penetrasi berapa,” cetusnya.

Sehingga, lanjut Lutfi mengungkapkan nantinya petani akan menjadi produsen industrialis dan sejahtera. “Pedagang diberdayakan dengan data yang baik bisa mensejahterakan petani. Jadi petani tidak lagi ketemu sama middle man (calo) itu,” pungkasnya. (OKZ/MBB)
sumber : starberita.

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to MENDAG TERAPKAN HARGA TRANSPARAN BUAT PETANI

  1. Pingback: Glo Extracts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *