PENYIDIK MH370 YAKIN PESAWAT BERUBAH HALUAN

MALAYSIA – Tim penyelidik hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 percaya pesawat itu kemungkinan terbang ke selatan Samudra Hindia. Ini seperti diungkapkan seorang sumber dekat dengan penyelidikan itu pada hari ini.

Sebuah pencarian belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Boeing 777-200ER itu sedang berjalan dan melibatkan 26 negara dalam dua koridor pencarian luas. Salah satu koridor meliputi lengkung utara daratan dari Laos sampai ke arah Laut Kaspia, sementara koridor lainnya meliputi lengkung selatan melintasi Samudra Hindia dari sebelah barat Indonesia sampai ke bagian barat Australia.

“Pencarian mengasumsikan pesawat itu terbang ke selatan, dan selanjutnya pesawat pergi ke ujung selatan koridor itu,” ujar sumber enggan disebutkan identitasnya itu.

Pandangan ini didasarkan pada kurangnya bukti dari negara-negara di sepanjang koridor utara yang menyebut pesawat MH370 telah melintasi wilayah udara mereka, dan kegagalan untuk menemukan jejak puing-puing dalam pencarian di bagian atas koridor selatan.

Pemerintah China hari ini mengatakan pihaknya belum menemukan tanda-tanda pesawat MH370 masuk ke wilayahnya.

Pejabat Malaysia dan Amerika Serikat percaya pesawat itu sengaja dialihkan dengan kemungkinan sampai ribuan mil. Tetapi sebuah pencarian latar belakang secara rinci dari para penumpang dan awak kapal juga tidak menghasilkan apa pun yang bisa menjelaskan kenapa pesawat itu dialihkan.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 lenyap dari layar menara pengawas lalu lintas udara sipil di pantai timur Malaysia sekitar pukul 1.21 (waktu setempat), pada 8 Maret lalu, kurang dari satu jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju Beijing.

Tim penyelidik berusaha untuk menyatukan data dari radar militer serta satelit, percaya seseorang telah mematikan link data penting dan berbalik arah ke barat, kembali melintasi Semenanjung Malaysia dan mengikuti rute komersial menuju India.

Setelah itu, sinyal ping yang hanya sementara berhasil ditangkap oleh salah satu satelit komersial dan menyatakan pesawat MH370 terbang setidaknya enam jam, meski tidak diketahui pasti apakah pesawat itu terbang ke utara atau selatan. Data dari satelit menempatkan pesawat MH370 berada di suatu tempat di salah satu dari dua koridor, ketika sinyal terakhir dikirim pada pukul 8.11 waktu setempat.

Pekan lalu seorang sumber akrab dengan kajian pejabat Amerika mengatakan pihaknya menganggap pesawat itu kemungkinan terbang ke selatan, di mana pesawat itu diduga telah kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

2 Responses to PENYIDIK MH370 YAKIN PESAWAT BERUBAH HALUAN

  1. Pingback: site

  2. Pingback: lsd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *