PENGUNGSI SINABUNG DI LANGKAT SEGARA PULANG

BINJAI – Sekitar 737 pengungsi Sinabung yang mengungsi di Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat rencanakan akan di kembalikan ke pengungsian yang ada di Kabanjahe, Kabupaten Karo pada Kamis (20/3) mendatang.

Hal ini dikatakan Sekretaris Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, Nurdin Lubis, saat melakukan peninjauan kepada 737 pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di Jambur, Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat tadi malam.

“Mereka (pengungsi-red) rencana akan kita kembalikan, mengingat situasi gunung Sinabung yang mulai memasuki titik aman,” jelasnya.

Dia melanjutkan, rencananya, ke-737 pengungsi ini akan menggunakan 5 mobil truk milik Kodim Kabupaten Karo dan dikawal oleh sejumlah anggota Kodim dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami sudah melakukan koordinasi kepada pihak Kodim Kabupaten Karo terkait pemulangan 737 pengungsi ini,” jelas Nurdin.

Awalnya, ke-737 pengungsi ini enggan di pulangkan mengingat tidak adanya perhatian Pemerintah Kabupaten Karo kepada warganya, namun, setelah meninjau lokasi pengungsian yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, akhirnya ke-737 pengungsi mau dipindahkan ke pengungsian yang ada di Kabanjahe.

“Awalnya mereka enggan kita pindahkan, namun karena mereka telah melihat lokasi pengungsiannya, akhirnya mereka mau juga,” pungkasnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *