PANWASLU KARO PIDANAKAN CALEG TERLIBAT UANG

KABANJAHE – Ketua Panwaslu Kabupaten Karo, Sukahati Sinuraya menegaskan, akan siap mempidanakan siapa saja calon anggota DPRD yang terlibat money politik pada Pemilu, 9 April 2014 di Kabupaten Karo.

“Saat ini Panwaslu khususnya Kabupaten Karo sudah mengindikasikan ada beberapa caleg di tingkat II Kabupaten Karo dan juga tingkat I serta tingkat pusat bermain money politik di lapangan. Kita sudah mengendusnya itu,” ungkap Sukahati, hari ini di Kabanjahe.

Seperti contohnya, kata Sukahati, sudah ada temuan Panwas di daerah-daerah, dimana tim sukses (TS) mendaftar atau mencatat nama-nama peserta Pemilu untuk mendukung salah seorang caleg di kertas selembar dengan cara menulis nama, nomor telepon, alamat dan membubuhkan tanda tangan. Begitu juga pemberian sesuatu seperti gula dan beras dan diselipkan kartu nama di dalamnya. “Untuk apa itu dibuat? Ini adalah pembodohan bagi masyarakat. Jangan pilih caleg yang menyogok atau membagi-bagi uang,” tegas Sukahati.

Saat ini Panwas telah didukung oleh pihak kepolisian dan kejaksaan pada sentra penegak hukum (Gakkum) untuk menertibkan caleg atau elit politik yang ‘nakal.’ “Hati-hati para caleg atau TS yang melakukan money politik. Resikonya, nama caleg akan didiskualifikasi KPU nantinya,” ujar Sukahati.

Ditambahkan, pihaknya saat ini bekerja keras untuk mengantisipasi dan memberantas money politik di lapangan. Saat ini, Panwaslu Kabupaten Karo sudah menetapkan 1 petugas Panwas di setiap 1 TPS, yang jumlahnya 704 petugas ditambah relawan Panwaslu sejumlah 2.500 orang yang tersebar di 269 desa Kelurahan Kabupaten Karo.

Begitu juga ditambah dengan adanya pengawas melekat. Dengan cara kerjanya, setiap hari Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) sudah menjaga setiap desa untuk mengawasi setiap gerak-gerik para caleg dan orang partai ke desa-desa.

Untuk itu kata Sukahati, diimbau kepada para tim sukses parpol dan caleg, baik perorangan atau kelompok, agar mengikuti peraturan perundang-undangan Pemilu. Harapan Panwaslu agar caleg tidak membuat terobosan-terobosan, yang berindikasi money politik.

“Tadi juga kami sudah rapat dengan pihak Polres Kabupaten Karo, yang diwakili Kasat Reskrim AKP T. Alvin Sik, untuk menindak dan mempidanakan pelaku money politik yang ada di Bumi Turang. Ini tidak main-main kami serius menindak dan mempidanakan caleg serta pemberi dan menerima money politik. Ingat, sudah ada orang kami di setiap desa. Jadi jangan pernah coba-coba bermain money politik,” tandas Sukahati.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PANWASLU KARO PIDANAKAN CALEG TERLIBAT UANG

  1. Pingback: DevOps Consultants

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *