BUPATI LANGKAT PEDULI PENGUNGSI ERUPSI GUNUNG SINABUNG

Starberita – Stabat, Harus diakui perhatian dan kepeedulian Bupati Langkat, H. Ngogesa Sitepu terhadap para pengungsi korban Erupsi Gunung Sinabung memang cukup tinggi dan mengesankan.  Bagaimana tidak,  sudah lebih 4 bulan para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung dari Kabupaten Tanah Karo merasakan situasi dan kondisi yang buruk di kampun halaman mereka, sehingga mereka pun pergi mengungsi dengan meninggalkan rumah dan kampung halaman mereka.
Namun, para pengungsi yang berada di Posko pengungsian Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat, yang berjumlah  732 jiwa, yang berasal dari Desa Kebayekan, Kutagunggung, Sigarang-garang, Dalan Jahe dan Kuta Rakyat Kec. Naman Teran,  Kabupaten Tanah Karo sampai saat ini belum juga mau pulang ke rumah dan kampung halaman mereka.  Padahal, situasi dan kondisi di lokasi bencana sudah mulai membaik.

Seperti yang disampaikan Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu kepada para wartawan di kantornya, di sela-sela kesibukannya, Senin (17/3), memang banyak masyarakat korban erupsi yang mengungsi ke Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten  Langkat.

Namun, sebagai wujud kepedulian dan kemanusiaan, mereka ditampung dan ditempatkan  dengan baik di Posko pengungsian yang telah disediakan.

“Ya, mereka betah di sini. Bahkan, mereka tidak mau dipulangkan kembali ke kampung halaman mereka atau pun ditempatkan di Posko pengungsian yang ada di Kabupaten Tanah Karo. Hal ini tentu tidak terlepas dari sikap dan penyambutan yang kita lakukan, sehingga membuat mereka senang dan seperti berada di kampung halaman mereka sendiri,” ujar Ngogesa.

Itu tentu patut disyukuri. Walaupun begitu, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu menyampaikan bahwa pada dasarnya bukan merupakan kapasitas Pemkab Langkat untuk menerima atau menolak para pengungsi, melainkan menjadi kewenangan BNPB Pusat, BNPB Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Tanah Karo.

“Secara kemanusiaan, kewajiban kita bersama baik Pemerintah maupun masyarakat hanya membantu, melindungi dan memperhatikan  saudara-saudara kita, para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung. Apalagi, Kabupaten Tanah Karo merupakan wilayah yang langsung bertetangga dengan Kabupaten Langkat,” ujar Ngogesa lagi sambil tersenyum.

Hal itu tentu patut untuk diapresiasi. Dalam hal ini perlu kiranya diketahui bahwa Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu memang selalu memperhatikan dan peduli terhadap nasib para pengungsi, Hal itu dibuktikan dengan memberikan bantuan langsung kepada para pengungsi, baik yan g ada di Kabupaten Tanah Karo, maupun yang ada di Posko pengungsian di Kabupaten  Langkat.

Selanjutnya, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu pun tidak lupa ubntuk memberikan intruksi kepada para SKPD terkait beserta para Camat dan Kepala Desa setempat untuk secara bergilir selalu memberikan perhatian dan bantuan terkait dengan situasi dan kondisi para pengungsi, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten  Langkat.

Bahkan, bagi para pengungsi yang ada di Posko pengungsian di Kabupaten  Langkat, perhatian dan kepedulian yang diberikan tidak hanya berupa bantuan sandang dan pangan, melainkan juga bantuan kesehatan dan pendidikan, terutama  kepada anak-anak dengan menempatkan mereka di sekolah- sekolah, baik tingkat SD maupun SMP yang ada di Kecamatan Sei Bingei.

Selain itu H. Ngogesa Sitepu juga secara pribadi ikut memberikan bantuan sandang dan pangan dalam setiap kunjungannya  ke lokasi pengungsian, baik yang ada di Kabupaten Tanah Karo maupun di Kabupaten Langkat. Sungguh luar biasa. Semoga itu bisa menjadi contoh, sehingga diikuti oleh para pejabat dan tokoh yang lain, sebab menolong sesama adalah kewajiban bagi kita semua.(Budi Zulkifli SH)
sumber : starberita

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

3 Responses to BUPATI LANGKAT PEDULI PENGUNGSI ERUPSI GUNUNG SINABUNG

  1. Pingback: Runtz Marijuana Dispensary

  2. Pingback: Smart Money: The Online Gambling Industry – The Next Best Investment Frontier?

  3. Pingback: Cybersecurity Solution in Banking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *