PEMULIHAN TRAUMA DAN TRANSFORMASI BAGI RELAWAN DAN KORBAN SINABUNG OLEH SR. BIRIGITA RENYAAN, FDNSC

Gunung Sinabung sampai saat ini masih terus menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi dan pengungsi di daerah radius 5 km dari Sinabung belum diperbolehkan kembali ke desa mereka masing-masing. Situasi mengungsi membuat sebagian besar pengungsi mengalami stress, karena selama mengungsi kegiatan rutinitas yang biasa mereka lakukan di desa tidak dapat lagi mereka lakukan. Untuk mengatasi stres dan trauma yang dihadapi pengungsi, dibutuhkan satu penanganan khusus untuk mengembalikan keadaan psikis mereka seperti sedia kala sebelum mereka mengungsi.

Salah satu konsetrasi pelayanan posko-posko GBKP saat ini adalah “mengobati” stres dan trauma para pengungsi dengan bekerja sama dengan pihak-pihak yang mau mengambil bagian dalam penanganan stres dan trauma pengungsi sinabung baik untuk anak-anak dan orang-orang dewasa. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Pemulihan Trauma dan Transformasi Bagi Relawan dan Korban Sinabung yang terlaksana dari kerjasama GBKP dengan PMK HKBP Jakarta. Pembicara pada kegiatan ini adalah Sr. Brigitta Renyaan, FDNSC dari Ambon. Kegiatan ini dilakukan di posko-posko GBKP dan beberapa yang sudah melaksanakan kegiatan ini adalah Posko KWK Berastagi, Posko Kantor Klasis Kabanjahe dan Posko Kabanjahe Kota serta direncanakan akan dilaksanakan juga di posko-posko yang lain.

Pdt. Agustinus Purba dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada tim dari PMK HKBP Jakarta dan terkhusus kepada Sr. Brigitta Renyaan yang sudah mau mengambil bagian untuk pemulihan trauma kepada pengungsi Sinabung. “ Terima kasi kepada PMK HKBP jakarta dan terkhusus kepada ibu Sr. Brigitta Renyaan, FDNSC yang sudah mau datang ke Tanah Karo dan mengadakan kegiatan pemulihan trauma kepada saudara-saudara kita mengungsi akibat erupsi sinabung” sambut Pdt. Agustinus.

Ibu Sr. Briggita Renyaan, FDNSC menyampaikan materi tentang bagaimana membangkitkan energi yang tidak terpakai pada diri manusia untuk memulihkan stres yang terjadi. Karena menurut beliau setiap manusia sudah dianugrahkan kemampuan pada tubunya untuk menghadapi setiap situasi. Beliau juga menerangkan dan mengajak mempraktekkan langsung kepada para peserta bagiamana membangkitkan energi yang ada pada tubuh dengan melakukan gerakan-gerakan yang sederhana.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti setiap instruksi yang diampaikan oleh Sr. Briggita Renyaan dibantu oleh ibu Tiur dari PMK HKBP Jakarta dan ibu  Wati dari Kalimantan. (Era Purnama/Humas Moderamen)
sumber : gbkp

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PEMULIHAN TRAUMA DAN TRANSFORMASI BAGI RELAWAN DAN KORBAN SINABUNG OLEH SR. BIRIGITA RENYAAN, FDNSC

  1. Pingback: DevOps Consulting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *