BUPATI KARO DIBERHENTIKAN DALAM SIDANG PARIPURNA DPRD

Medan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo memberhentikan Bupati Karo, Kena Ukur Karo Jambi dalam sidang paripurna, Kamis (13/3/2014). Salinan putusan paripurna itu segera dikirim ke Presiden.

Rapat Paripurna DPRD Karo itu berlangsung sejak pagi di Gedung DPRD di Jalan Veteran, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Effendy Sinukaban dan Wakil Ketua DPRD Ferianta Purba, pemberhentian tersebut disepakati.

Kena Ukur Karo Jambi secara sah dicopot jabatannya selaku Bupati Karo masa jabatan 2010 – 2015. Untuk selanjutnya, jika proses administrasi dari berbagai tingkatan sudah selesai, maka secara otomatis jabatan yang ditinggalkannya akan diduduki Wakil Bupati Terkelin Brahmana.

“Kita akan membuat surat tembusan ke Presiden terkait pencopotan jabatan Bupati Karo ini. Untuk meneruskan masa kepemimpinannya akan digantikan Wakil Bupati,” kata Ferianta Purba kepada wartawan seusai paripurna.

Sidang paripurna memberhentikan Kena Ukur Karo Jambi dilakukan setelah sebelumnya Mahkamah Agung (MA) menyetujui permohonan yang diajukan DPRD Karo tersebut. Begitu salinan putusan MA diterima DPRD, maka paripurna ini digelar.

“Kita sudah melewati tiga tahap, dan sah Bupati Karo kita berhentikan,” kata Purba.

Usulan pemberhentian Kena Ukur Karo Jambi dilatari berbagai masalah, termasuk penanganan pengungsi bencana alam letusan Gunung Sinabung. Panitia hak angket kemudian membuat usulan pemberhentian, lalu ditindaklanjuti DPRD dengan mengajukannya ke MA pada 13 Januari 2014. MA kemudian menyetujui pemberhentian itu pada 13 Februari lalu melalui putusan No. 01 P/KHS/2014. Lantas DPRD memberhentikannya pada 13 Maret 2014.
sumber : detik.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to BUPATI KARO DIBERHENTIKAN DALAM SIDANG PARIPURNA DPRD

  1. Pingback: one up psilocybin mushroom chocolate bars for sale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *