KPU LANGKAT SIAPKAN DUA TPS KHUSUS PENGUNGSI

Langkat, Sumut ( Berita ) :  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS) khusus bagi ratusan pengungsi erupsi Gunung Sinabung asal Kabupaten Tanah Karo di posko pengungsian Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei.

“Kami hanya menyediakan TPS saja sedangkan logistik pemilu yang dibutuhkan semuanya berasal dari KPU Kabupaten Langkat,” kata Ketua KPU Kabupaten Langkat Adelina Sarah di Stabat, Jum’at [07/03] .

Antisipasi ini dilakukan jika pada saat pelaksanaan pemilu, pengungsi tersebut belum kembali ke desanya dan masih berada di posko pengungsian. Adelina Sarah juga menjelaskan bahwa 70 persen di antara pengungsi itu merupakan warga yang telah memiliki hak pilih. “Kebutuhan jumlah TPS ini tergantung jumlah pengungsi,” ujarnya.

Meskipun TPS itu khusus didirikan di wilayah Kabupaten Langkat, namun seluruh logistik seperti kertas, kotak, bilik, tinta,dan logistik lainnya berasal dari KPU Kabupaten tanah Karo. Keberadaan TPS khusus ini juga tidak akan mengganggu kebutuhan pemilu legislatif di Kabupaten Langkat.

Saat ini ada 725 pengungsi warga Kabupaten Tanah Karo, masih terus mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung yang ditampung di posko pengungsian desa Telagah Kecamatan Sei Bingei.

Mereka sudah mengungsi sejak empat bulan yang lalu, walaupun kondisi Gunung Sinabung mulai normal, mereka masih tetap bertahan di pengungsian. Seperti yang disampaikan kordinator pengungsi Suranta Sitepu, warga pengungsi masih bertahan walaupun ada rekomendasi 165 warga pengungsi dapat pulang ke rumahnya di desanya masing-masing.

Namun hingga sekarang ini mereka masih terus bertahan, dan mau dipulangkan apabila bersama-sama dengan warga pengungsi lainnya pulang kembali ke daerah asal mereka. (ant )
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to KPU LANGKAT SIAPKAN DUA TPS KHUSUS PENGUNGSI

  1. Pingback: order psilocybe cubensis spores usa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *