JADWAL UN TAK TERGANGGU PILEG

MEDAN (Berita):  Ujian Nasional tingkat Untuk SMA/MA/SMK dipastikan berjalan lancar kendati jadwalnya hampir bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Pelaksanaan UN sendiri akan dilaksanakan pada 14-16 April untuk jenjang SMA/SMK/MA. Sedangkan untuk SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), UN dilaksanakan pada 5-9 Mei mendatang.

Jadwal ini sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang tertuang dalam Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2014 yang sudah dikeluarkan pertengahan Desember tahun 2013 lalu.

“Menurut saya pelaksanaan UN tingkat SMA yang hampir bersamaan dengan Pileg pada 9 April mendatang tidak akan mengalami kendala,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs Mohammad Zein MSi, Senin (3/2).

M Zein menyebutkan, master soal sudah diserahkan Mendikbud M Nuh kepada percetakan pemenang tender pada Senin 24  Februari lalu. Jika tidak ada sanggahan, maka soal UN 2014 pun akan dicetak di Bandung.

Kadisdiksu yakin pendistribusian naskah soal UN tidak lagi mengalami keterlambatan seperti pada 2013 lalu. Itu karena sistem pencetakan naskah UN dilakukan secara regional. Selain itu, penyerahan master naskah soal yang dilakukan lebih cepat dibanding tahun lalu juga membuat proses pencetakan naskah juga lebih cepat.

“Kalau tahun lalu naskah soal diserahkan ke percetakan pemenang tender pada minggu ketiga bulan Maret, sedangkan sekarang pada minggu ketiga bulan Februari naskah soal sudah sudah diserahkan lebih cepat. Jadi, tak ada alasan UN bermasalah lagi,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi keterlambatan naskah soal UN dan Lembar Jawaban UN, kata M Zein, Disdiksu nantinya akan menginformasikan kepada percetakan agar mengirimkan naskah soal dan LJUN paling lambat 1 minggu sebelum dilaksanakan.

Hal itu dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan naskah soal dan LJUN yang akan didistribusikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Sumut dan lebih mengoptimalkan pengawasan instansi terkait sebagai upaya untuk menjaga kerahasiaan naskah soal agar sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu di kabupaten/kota.

Untuk itu, Kadisdiksu berharap agar Dinas Pendidikan Kab/Kota bersiap diri menghadari pelaksanaan UN yang waktunya sangat singkat. Selain itu meminta jajaran Dinas Pendidikan Kab/Kota agar senantiasa menjaga kerahasiaan naskah soal dan meminimalisir terjadinya kebocoran hasil UN tahun ini.

Kadisdiksu menyebutkan, pada tahun lalu Kemendikbud menyiapkan 20 paket soal untuk UN. Sedangkan untuk 2014 disiapkan lebih banyak lagi paket soal yang jumlahnya mencapai hingga 160 paket.

Penyiapan 160 paket soal ini sebenarnya karena sistem pencetakan dan distribusi naskah soal UN 2014 akan dibagi menjadi delapan regional. Tiap regional menyiapkan 20 paket soal.

Paket-paket soal ini tidak akan sama antara satu regional dengan regional lainnya berbeda. Jadi, 20 variasi soal, ada delapan region, artinya ada 160 variasi soal. “Naskah soal UN untuk Sumatera Utara berada pada regional 1 bersama Aceh, Sumbar, Kepri dan Riau,” kata M Zein.(aje)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to JADWAL UN TAK TERGANGGU PILEG

  1. Pingback: shrooms reddit

  2. Pingback: best place to buy psilocybe cubensis spores

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *