RIBUAN PENGUNGSI SINABUNG DIPULANGKAN

Jakarta – Ribuan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung kembali dipulangkan ke desa mereka masing-masing setelah adanya rekomendasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Pengungsi sebagian sudah pulang ke kampung masing-masing terutama yang di atas radius lima kilometer,” kata Kasi Kerja sama Non-Pemerintah Kementerian Sosial Subekti Haribawa yang dihubungi dari Jakarta, Senin (17/2).

Subekti yang saat ini berada di Kabanjahe, Sumatera Utara, mengatakan, sejak Senin pagi sebanyak 226 jiwa atau 88 kepala keluarga (KK) warga Desa Cimbung dan 305 jiwa atau 101 KK warga Desa Ujung Payung dipulangkan.

“Pekan ini akan dilakukan pemulangan secara bertahap,” tambah Subekti.

Selain itu sebanyak 1.004 jiwa atau 289 KK warga Desa Kungpinto dan Desa Kutambelin juga dipulangkan.

Sebanyak 1.982 jiwa atau 303 KK warga Desa Sukandebi yang mengungsi di pos pengungsi jambur Korpri juga dipulangkan.

Sebelum dipulangkan ke desanya, para pengungsi melakukan pembersihan hunian dan fasilitas umum bersama TNI, Polri dan Relawan.

Warga desa yang sudah kembali sebelumnya berjumlah 5.783 jiwa/1.619 KK yang berasal dari Desa Batu Karang, Desa Rimo Kayu dan Desa Naman.

Warga desa yang telah diperbolehkan pulang sesuai rekomendasi PVMBG agar mematuhi larangan pemerintah untuk tidak beraktivitas dan berada di dalam radius lima kilometer dengan alasan apapun.
sumber : beritasatu

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *