BANTUAN PERTANIAN SINABUNG MASIH MENUNGGU PENDATAAN

MedanBisnis – Medan. Demi menghidupkan kembali kegiatan pertanian pasca bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, pemerintah akan memberikan sejumlah bantuan kepada para petani yang menjadi korban.
Namun berapa jumlah dan bentuk pasti dari bantuan yang bakal diberikan itu, belum diputuskan. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah setempat masih melakukan pendataan.

“Saat ini Dinas Pertanian kabupaten dan provinsi masih melakukan pendataan terhadap sejumlah lahan pertanian di Sinabung. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini pendataan sudah selesai dilakukan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara (Sumut) M Roem kepada MedanBisnis, Selasa (11/2) di kantornya.

Dijelaskan Roem, pemberian bantuan pertanian bagi korban Sinabung merupakan upaya pemerintah untuk menghindari terjadinya pengangguran massal yang diakibatkan erupsi berkepanjangan dari gunung Sinabung. Sebab, akibat erupsi tersebut, seluruh lahan pertanian di sana rusak dan petaninya tidak memiliki modal lagi untuk kembali bercocok tanam.

“Nanti, bantuan pertanian yang diberikan harus bisa menjadi stimulan. Pada prinsipnya, bantuan untuk menghidupi kegiatan pertanian di Sinabung,” sebutnya.

Sebenarnya kata Roem, bantuan yang bakal diterima petani sudah ada gambarannya. Tetapi, masih harus disesuaikan kembali dengan potensi yang ada di sejumlah areal pertanian yang ada di kaki gunung Sinabung tersebut.

“Bantuan bisa seperti bibit, benih, dan traktor. Jumlah dan komoditas apa saja masih akan disesuaikan dengan potensi dari daerah masing-masing, sehingga masih harus menunggu pendataan. Tetapi untuk traktor, kemungkinan pengadaannya sebanyak 20 unit,” jelasnya.

Selain itu, untuk realisasinya, Roem menyatakan masih menunggu kepulangan pengungsi dari posko-posko pengungsian. “Jadi nanti kalau sudah ada pemulangan pengungsi, kita akan bergerak ke situ. Soalnya, kegiatan pertanian ini kan kegiatan pasca bencana, jadi masih harus menunggu kepulangan dulu,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, pada saat berkunjung ke Tanah Karo beberapa waktu lalu, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menyatakan lahan pertanian yang terganggu akibat erupsi Sinabung akan diberikan bantuan yang tepat. Hal itu berangkat, sesuai dengan program jangka pendek dan jangka menengah yang dicanangkan pemerintah untuk penanganan bencana Sinabung. (rozie winata)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *