WAGUBSU TINJAU LAHAN RELOKASI PENGUNGSI SINABUNG

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Tengku Erry Nuradi meninjau lahan relokasi seluas 20 hektar yang diperuntukkan bagi pengungsi Sinabung yang berasal dari 3 desa yang masuk zona bahaya yakni Simacem, Bekerah dan Suka Meriah. Lahan tersebu berada di Puncak 2000, Desa Kacinambun, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo.

“Lahan yang dihibahkan antara 15 hingga 20 hektar, berjarak 14 kilometer dari Kota Kabanjahe,” katanya, Selasa (11/2/2014).

Erry menyebutkan, lahan tersebut menjadi lahan potensial bagi para pengungsi mengingat Pemerintah Kabupaten Karo hingga saat ini belum memiliki lahan yang untuk relokasi mereka.

“Meski lahan tidak seluruhnya landai, namun lahan tersebut memungkinkan dijadikan lokasi perumahan sementara bagi pengungsi erupsi Sinabung,” ujarnya.

Data yang disampaikan, akses jalan menuju lokasi relokasi tersebut relatif memadai, dimana 2 kilometer telah diaspal dan sesanya mendapat pengerasan. Selain itu, dilokasi juga telah tersedia jaringan listrik untuk menyuplai penerangan masyarakat. Sejumlah bangunan permanen juga terlihat sudah dibangun dilokasi tersebut yang bisa difungsikan sebagai aula pertemuan dan kantor aparat desa.

“Inti dari relokasi ini adalah untuk menyelamatkan warga dari ancaman erupsi Gunung Sinabung ke loksai yang aman,” sebut Erry.[rgu]
sumber : medanbagus

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *