SEANTERO DUNIA MENGETAHUI KABUPATEN KARO

Akibat erupsi gunung Sinabung, seantero dunia mengetahui termasuk di Indonesia Kabupaten Kabupaten Karo terletak di Provinsi Sumatera Utara dan juga karena kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Hyudoyono beserta rombongan berkunjung dan bermalam denga para pengungsi erupsi gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu.

Tidak hanya itu, berbagai komunitas akhirnya mengetahui bahwa :

1. Ada suku Batak Karo yang berdiam di Kabupaten Karo di Provinsi Sumatera Utara.

2. Ada Bahasa Karo

3. Ada Kebudayaan Karo

4. Kota Kabanjahe adalah ibu Kota Kabupaten Karo.

5. Disamping gunung Sinabung juga mengetahui ada gunung Sib ayak yang lokasinya berdekatan

6. Bahwa Kabupaten Karo memiliki 4 (empat) gunung yaitu gunung Sinabung, Sibayak, Barus dan Sipiso-Piso yang dua terkahir bukan gung yang aktif akan tetapi tidak tertutup kemungkinan suatu saat akan aktif kembali.

7. Bahwa Kabupaten Karo di pimpin oleh seorang Bupati bernama DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti.

8. Ada gereja GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) yang berpusat di kota Kabanjahe.

9. GBKP berperan aktif menanggulangi sebagian pengungsi gunung S.inabung sebanyak 16 Posko dari 42 Posko yang ada yang menampung tidak kurang dari mencapai 32.351 orang atau 9.991 kepala keluarga dan mereka ditempatkan di 42 Posko Penampungan dari Update: 7 Februari 2014 Jumlah Pengungsi: 9.996 KK/32.355 Jiwa Laki: 12088,
Perempuan: 12264 , Kelompok Rentan; Lansia: 2401, Ibu Hamil: 222, Bayi: 1293 dari 34 desa yang berasal dari 4 (empat) Kecamatan Tiganderket, Payung, Simpang Empat dan Naman Teran. (Data Posko Tanggap Darurat)

10. GBKP pada hari pertama erupsi gunung Sinabung pada tanggal 15 September 2013 yang lalu secara darurat telah menyiapkan makan pagi untuk pengungsi tidak kurang dari 1.000 orang dengan menggunakan sebagian beras jatah dari yayasan YKPC Alpha Omega salah satu yayasan dibawah naungan GBKP yang bertugas untuk mengasuh, mencerdaskan, merehabilitasi dan memandirikan penyandang cacat sehingga dapat hidup lebih sejahtera dan dapat berperan ditengah-tengah masyarakat. (sumber : Pdt. Agustinus Purba,STh, MA).

11. GBKP telah memberikan bantuan sebesar Rp. 800.000,- / mahasiswa mulai dilakukan penyerahan secara simbolis pada hari Senin tangga 16 Desember 2013 Moderamen GBKP, Jalan Kapten Pala Bangun Kabanjahe kepada 339 mahasiswa anak korban pengungsi erupsi Sinabung tanpa mengenal atau membedakan agama dan kepercayaannya. Bantuan tersebut sampai hari ini dan beberapa bulan kedepan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran karena adanya bantuan/ partisipasi aktif masyarakat dengan mengirimkan bantuan uang tunai ke REKENING BENCANA GUNUNG SINABUNG, BNI Cab. Kabanjahe Kabupaten Karo SUMUT, an Benderhara Bencana Kristiani br Ginting/Agustinus Purba No.0201112446 dan ada juga diantar langsung Atau langsung di antar ke posko Induk GBKP di Kantor Klasis Kabanjahe .Contact Person : Pdt. Agustinus Purba,STh, MA di hp No. : 0813-8923-0725 (sumber GBKP).

12. Akan direlokasi 5 (lima) desa yang rawan korban erupsi gunung Sinabung yaitu desa : Sukameriah, Bakerah, Simacem, Sukanalu Teran dan Sigaranggarang . Untuk tahap pertama yang akan segera direlokasi tiga desa yakni Desa Sukameriah, Kecamatan Payung, Desa Bekerah dan Desa Simacem di Kecamatan Namanteran. Jumlah penduduk di tiga desa itu sebanyak 1.255 orang, yakni Desa Sukameriah 450 orang (137 kepala keluarga ), Desa Bekerah 338 orang (115 kepala keluarga), dan Desa Simacem 467 orang (137 kepala keluarga).

13. Ada 34 desa yang terkena erupsi gunung Sinabung di 3 (tiga) kecamatan yaitu (1). KEC. PAYUNG : 1. Ds. Sukameriah, 2. Ds. Guru Kinayan, 3. Ds. Selandi, 4. Ds. Cimbang, 5. Ds. Ujung Payung, 6. Ds. Payung, 7. Ds. Rimo Kayu dan 8. Ds. Batu Karang; (2). KEC. SIMPANG EMPAT : 1. Ds. Berastepu, 2. Dsn. Sibintun, 3. Ds. Gamber, 4. Ds. Kuta Tengah, 5. Ds. Jeraya, 6. Ds. Pintu Besi dan 7. Ds. Tiga Pancur; (3). KEC. NAMANTRAN : 1. Dsn. Lau Kawar; 2. Ds. Bekerah; 3. Ds. Simacem, 4. Ds. Kutarayat, 5. Ds. Sigaranggarang, 6. Ds. Naman, 7. Ds. Kuta Mbelin, 8. Ds. Kebayaken, 9. Ds. Kuta tonggal, 10. Ds. Sukanalu, 11. Ds. Kuta Gugung, 12. Ds. Gung Pinto dan
13. Ds. Sukandebi; (4). KEC. TIGANDERKET :
1. Ds. Tiganderket, 2. Ds. Mardinding, 3. Ds. Temberun, 4. Ds. Perbaji, 5. Ds. Kuta Mbaru dan 6. Ds. Tanjung Merawa.

Demikianlah untuk sementara yang diketahui Dunia akan Kabupaten Karo secara keseluruhan, atau masih ada tambahan silahkan anda sempurnakan. Salam sjaya dan tksima, admin.

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *