MASYARAKAT TOBA SAMOSIR DESAK SK MENTERI KEHUTANAN 44/2005 DICABUT

Balige-andalas Ratusan masyarakat dari 16 kecamatan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melakukan unjukrasa di gedung DPRD Tobasa, menyampaikan beberapa hal tentang SK Menteri Kehutanan No 44 tahun 2005, Selasa (4/2). Aksi demo ini dikawal ketat dari pihak Mapolres Toba Samosir yang dipimpin langsung Kapolres Tobasa.

Demonstran melakukan orasi di hadapan Ketua DPRD Sahat Panjaitan, Wakil Ketua Djojor Tambunan, anggota dewan Jojor Marintan Napitupulu, Bokye Pasaribu, Tony Sakkan Siahaan, Franjos Sitorus, Togar Manurung, dan Monang Naipospos.

Bombongan Siahaan dalam orasinya menyampaikan sebagai Warga Tobasa menolak Surat Keputusan Menteri Kehutanan No 44 tahun 2005, dan mendesak DPRD Tobasa dan aparat penegak hukum menghentikan intimidasi dan penangkapan terhadap masyarakat Tobasa yang tinggal dan berusaha di kawasan hutan berdasarkan SK 44.

“Kami mendesak DPRD sebagai Wakil Rakyat untuk memberikan jaminan dan perlindungan keamanan kepada masyarakat Tobasa. DPRD juga diminta segera mengupayakan pengembalian hak-hak atas tanah adat, ulayat dan pemukiman kepada masyarakat, dan Pemkab Tobasa untuk segera menghentikan kekerasan dan membuat langkah konkrit menyelesaikan konflik terkait tanah, wilayah dan SDA di Tobasa,”katanya.

Mereka juga mendesak Kepolisian RI untuk menghentikan surat keputusan diskriminasi perlakuan hukum terhadap masyarakat Tobasa, serta mendesak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tobasa segera melaksanakan inventarisasi hak-hak kepemilikan tanah di Kabupaten Toba Samosir ini.

Ketua DPRD Tobasa, Sahat Panjaitan di hadapan ratusan masyarakat Toba Samosir menyatakan, siap mendukung aspirasi masyarakat Tobasa tentang SK 44 ini, agar sama-sama menyampaikannya kepada dinas terkait di Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan keinginan dan hak-hak masyarakat agar SK Menhut Nomor 44 tahun 2005 segera dicabut.(MG/RT)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to MASYARAKAT TOBA SAMOSIR DESAK SK MENTERI KEHUTANAN 44/2005 DICABUT

  1. Pingback: vegan meal plan 1200 calories

  2. Pingback: Buy Marijuana online France

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *