ERUPSI SINABUNG LAYAK JADI BENCANA NASIONAL

Samosir-andalas Calon anggota legislatif DPR-RI Efendy Naibaho dan berbagai elemen masyarakat Sumatera Utara, mendesak Presiden dan Gubernur Sumatera Utara segera menetapkan erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo Sumut sebagai Bencana Nasional.

“Kami menilai tidak ada alasan lagi untuk tidak menetapkan bencana Sinabung sebagai Bencana Nasional mengingat penderitaan rakyat di kawasan gunung tersebut sudah cukup parah, lama, melelahkan, dan dalam situasi tidak menentu,”ujarnya melalui surat elektronik diterima wartawan, Rabu (5/2).

Menurutnya, letusan gunung Sinabung telah menelan korban harta benda yang sudah tidak terhitung lagi, mata pencaharian terputus total, kesehatan fisik dan nonfisik terganggu, anak-anak tidak bisa melanjutkan sekolah dengan baik, serta masalah sosial lainnya.

Bahkan, akibat bencana letusan gunung Sinabung ini, utang piutang di perbankan juga akan menjadi masalah yang selalu menghantui masyarakat. “Untuk itu, saya mendesak agar masalah hutang piutang warga korban Sinabung di perbankan agar dihapus secara menyeluruh,”imbuhnya.

Seperti diketahui, Sabtu (1/2) lalu, telah jatuh korban meninggal sebanyak 14 orang terdiri dari warga, pelajar, mahasiswa dan jurnalis. Berangkat dari peristiwa ini, Presiden dan Gubernur Sumut sudah layak menetapkan bencana gunung Sinabung menjadi bencana nasional,”katanya.(hod)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *