GUBERNUR SUMUT: PENGUNGSI 16 DESA TETAP DIPULANGKAN

Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho memastikan mereka akan tetap melanjutkan rencana untuk memulangkan para pengungsi yang berasal dari 16 desa di luar radius 5 kilometer dari Sinabung.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan mereka dengan Kepala BNPB Syamsul Maarif bersama sejumlah stakeholder lainya beberapa waktu lalu.

“Pada prinsipnya pemulangan akan dilakukan, namun kita akan terlebih dahulu memperhatikan kondisi psikologis para pengungsi pasca tewasnya 15 warga kemarin,” katanya, Senin (3/2/2014).

Sejauh ini, menurut Gatot mereka akan fokus dalam upaya melakukan relokasi terhadap desa yang berada pada radius 3 kilometer dari puncak Sinabung. Untuk memperlancar prosesnya, Menteri Dalam Negeri, menurutnya telah mengutus salah seorang pejabatnya untu melakukan supervisi kepada Pemkab Karo untuk pengadaan lahan serta relokasi.

“Titik lokasinya sudah ditentukan namun saat ini tim masih mendampingi pemkab untuk membantu mengurus seluruh prosesnya,” ujarnya.

Disinggung mengenai dana santunan kepada seluruh keluarga korban meninggal terkena awan panas Sinabung, Gatot menyebutkan hal tersebut segera direalisasikan.

“Khusus santunan dari Provinsi, tadi pagi sudah saya tandatangani, sumbernya dari dana tidak terduga,” ungkapnya. [rgu]
sumber : medanbagus

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *