SANTUNAN UNTUK KORBAN SINABUNG RP 5 JUTA PER JIWA

JAKARTA (Berita): Setiap korban yang meninggal dunia akibat terkena awan panas Gunung Sinabung akan mendapatkan santunan sebesar lima juta rupiah per jiwa.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPP), Sutopo Purwo Nugroho, santunan akan diberikan kepada masing-masing ahli waris.

Data terakhir BNPB mencatat, jumlah korban meninggal dunia sampai Minggu (2/2) mencapai 15 orang. Sementara dua orang lainnya masih dalam perawatan intensif.

“Data terbaru, 15 orang meninggal dan dua orang menderita luka bakar sehingga masih dirawat di RS,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam relisnya di kantor BNPB, Jakarta, Minggu (2/2).
Dalam kesempatan tersebut, Sutopo kembali mengimbau agar warga tidak mencoba-coba lagi untuk masuk ke wilayah yang masuk ke dalam radius 5 kilo meter untuk alasan apapun. “Ada yang ingin melihat kondisi kebun, rumah, atau makam,” papar dia.

BNPB, lanjut Sutopo, sudah sering memberi peringatan zona berbahaya kepada masyarakat. Karena itu, dia menyayangkan jika sampai ada korban karena tidak mengindahkan peringatan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi, sudah pasang spanduk-spanduk dan papan pengumuman. Teman-teman dari TNI dan Polri juga relawan sudah ditempatkan untuk mencegah warga naik,” ungkapnya.

Terkait dengan seruan pengungsi untuk kembali ke desanya, kata Sutopo hal itu sudah diperhitungkan. Sebab pengungsi yang diperbolehkan pulang hanya pengungsi yang tinggal di radius lebih dari 5 kilometer.
“Itu wilayah aman,” cetusnya.(aya)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *