STATUS SINABUNG TIDAK ADA KAITAN DENGAN PDIP

Bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara tidak ditetapkan status “Bencana Nasional” bukan karena Karo basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Tidak benar itu, terlalu jauh lah ke sana,” ujar politisi PDIP Irmadi Lubis kepada Rakyat Merdeka Online, Minggu (2/2).

Setiap pemilu digelar, perolehan suara PDIP di Tanah Karo selalu unggul. Terakhir pemilu 2009 partai besutan Megawati Soekarnoputri ini meraih 85 persen suara. Beredar kabar hal ini yang menyebabkan pemerintah pusat yang dikomandoi Partai Demokrat tidak kunjung menetapkan Sinabung sebagai bencana Nasional.

Namun demikian, kata Irmadi, sudah seyogyanya bencana Sinabung ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah pusat.

“Ini kan sudah lama, sudah lima bulan, pemkab Karo sudah jelas tidak sanggup. Pemerintah pusat dan provinsi tidak bisa melepaskan tangan begitu saja,” tegas Anggota DPR RI asal Sumut ini.

Ia melihat, dengan lamanya erupsi, banyaknya warga di penampungan, dan lambatnya penanganan korban, sudah sangat layak bencana Sinabung ditetapkan jadi bencana nasional.

“Ingat pasal 4 UUD, Presiden RI memegang kekuasaan pemerintahan. Dan jangan terlalu terpakau bencana nasional atau tidak, yang jelas pemerintah pusat harus bantu juga,” tandas Irmadi. [rmol/hta]
sumber : medanbagus

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *