KETUA DPR MINTA ERUPSI SINABUNG DITETAPKAN JADI BENCANA NASIONAL

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR Marzuki Alie mendesak pemerintah menetapkan erupsi Gunung Sinabung sebagai bencana nasional. Hal itu dilakukan agar penanganan korban bencana menjadi lebih baik.

“Memang syarat untuk itu seperti tidak berjalannya pemerintahan di satu daerah bencana belum terpenuhi karena pemerintah daerah disana masih bisa berjalan, namun melihat kondisi korban bencana dan nasional dibutuhkan tangan pusat untuk menanggulanginya,” ujar Marzuki di Jakarta, Senin (3/2/2014).

Marzuki menilai pemerintah daerah kewalahan bila menangani sendiri korban bencana Sinabung. Lamanya bencana membuat para korban Gunung Sinabung menurutnya akan semakin menderita dan korban kemungkinan akan terus bertambah jika tidak ditangani dengan baik.

“Perlu pusat yang mengkoordinasikan. BNPB harus turun tangan secara penuh dalam penanggulangan bencana disana.Saat ini BNPB turun yang sifatnya hanya membantu. Kita harus cepat bertindak demi korban bencana tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, korban tewas akibat semburan awan panas Gunung Sinabung bertambah jadi 15 orang. Padi ini, Minggu (31/01/2014), Surya Sembiring (24), yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Efarina Etaham akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

“Korban awan panas bertambah, Surya Sinabung, 24 tahun meninggal dunia,”. Kata Kepala Pusat Data Info dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nurgroho, di kantor BNPB, Jakarta Pusat.

Surya bersama ayahnya Sehat Sembiring dan saudara laki-lakinya, Dony Sembiring tersapu awan panas kemarin, Sabtu (30/01) saat berada di Desa Sukameriah, Kecamatan Payung. Mereka baru selesai melaksanakan ziarah. Hingga kini kondisi Sehat dan Dony masih kritis.

Selain Surya Sembiring, korban tewas semburan awan panas Gunung Sinabung yakni:

1. Aleksander Sembiring (17).
2. Daud Surbakti umur (17)
3. Dipa Nusantara
4. David (17)
5.Mahal Surbakti (25)
6. Rizal Saputra (23)
7. Teken Sembiring (47)
8. Santun Siregar (22)
9. Fitriani Napitupulu (19)
10. Asran Lubis (21)
11. Marudut Brisnu (25)
l2 Daniel Siagian
13. Julpiandi Mori (21)
14. Tomas Lakae (27)
sumber: tribunnews

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *