BNPB: OBJEK WISATA DI BERASTAGI MASIH AMAN DARI ANCAMAN SINABUNG

Pemberitaan media yang intensif dan berlebihan mengenai peningkatan aktivitas gunungapi, seringkali justru menyebabkan dampak negatif di masyarakat.

Obyek-obyek wisata, hotel, pertanian dan aktivitas ekonomi yang berada di luar daerah berbahaya menjadi sepi. Hal ini terjadi di Gunung Bromo, Ijen, Dieng, Tangkubanprahu, Papandayan, dan lainnya.

Bahkan aktivitas wisata dan hotel-hotel di Kabanjahe saat ini pun sepi pengunjung karena masyarakat jadi takut berkunjung padahal lokasinya jauh dan aman dari Gunung Sinabung.

“Gunungapi bersifat slow in set. Artinya tidak akan tiba-tiba meletus. Ada tanda-tandanya sehingga status gunung punya tahapan yaitu dari normal kemudian menjadi waspada, siaga, dan awas sesuai ancamannya,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada MedanBagus.Com, Senin (3/2/2014).

Sejumlah pengusaha dan pengelola wisata di Berastagi memang mengeluhkan kondisi tersebut. Karena sejak diberitakan secara terus menerus selama enam bulan terakhir, kunjungan wisata ke daerah tersebut menurun drastis.

“Biasanya kalau hari libur, kami akan kewalahan menampung orang yang mau menginap di Hotel kami, karena kehabisan kamar. Namun dampak terjadinya erupsi Gunung Sinabung, haya beberapa kamar saja yang terjual. Bahkan pernah sama sekali tidak ada pengunjung,” ujar Indra Sembiring, pengusaha Hotel Bukit Kubu di Berastagi.

Indra menambahkan, dengan adanya peristiwa tersebut, mungkin wisatawan takut datang ke Berastagi. Padahal jarak antara Berastagi dengan Gunung Sinabung cukup jauh, sekitar 27 Km, dan tidak begitu berdampak dengan peristiwa tersebut.

Pengelola Taman Wisata Funland Mikie Holiday’s Resort, juga mengakui membuat kunjungan wisatawan yang datang ke Berastagi berangsur berkurang. Padahal, jarak antara Gunung Sinabung dengan Mikie Holiday’s Resort sejauh 20 kilometer, hingga area ity masih dalam jarak aman dari Erupsi Gunung Sinabung yang 3-6 kilometer.

“Ya ada dampaknya, pengunjung ke Funland sedikit berkurang. Namun disini masih aman kok dari erupsi Sinabung. Yang harus diwaspadai sebenarnya dalam jarak 3-6 km dari Sinabung,” tukas Funland Head Section I Mikie Holiday’s Resort, Simon Barus kepada wartawan beberapa waktu lalu. [ded]
sumber : medanbagus

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Objek Wisata Karo, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *