GATOT DAN PARA PEJABAT SUMUT RAMAI-RAMAI IKUT MENGINAP DI SINABUNG

Malam ini Kamis (23/1/2014), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginap di tenda pengungsian yang berlokasi di kawasan Gereja Paroki, Jalan Irian, Kota Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo.

Presiden didampingi Ani Yudhoyono dan rombongan menteri lainnya, akan tidur di tenda yang telah disediakan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Yang menarik, para pejabat Sumut ramai-ramai ikut menginap di lokasi pengungsian. Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, Sekda Nurdin Lubis dan sejumlah kepala dinas juga terlihat berada di tenda yang letaknya masih satu komplek dengan Presiden menginap.

“Padahal setahu saya, belum pernah ada pejabat Sumut yang menginap di pengungsian Sinabung. Termasuk Bupati Karo (Kena Ukur Surbakti-red),” jelas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Karo, Ferianta Purba.

Politisi Golkar tersebut tidak ingin berspekulasi alasan para pejabat Sumut tersebut malam ini latah ikut menginap bersama Presiden.

Namun dia berharap, kedatangan Presiden dan rombongan memberikan semangat dan harapan baru bagi ribuan pengungsi Sinabung yang terusir dari kampung halamannya.

Baginya, kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke lokasi pengungsi letusan Gunung Sinabung diharapkan tidak hanya datang untuk memberi bantuan bagi para korban namun juga dapat memutuskan langkah taktis sebagai solusi atas kondisi yang dialami masyarakat.

“Di samping memberikan bantuan untuk para korban bencana, dalam kunjungan itu juga SBY selaku Presiden diharapkan bisa memutuskan untuk bencana ini menjadi bencana nasional,” ujarnya.

Bahkan, lanjur Ferianta, kalau bisa Presiden langsung membuat rapat kabinet di Posko Utama terkait tentang solusi penyeselesaian sekarang dan selesainya ataupun sekembalinya para pengungsi ke daerah masing-masing.

“Rapat kabinet terkait melibatkan Menteri Pertanian, BNPB, Mendiknas, Menko Kesra, Menkes dll yang dianggap perlu untuk pemulihan ekonomi dan psikis masyarakat pengungsi,” tukasnya.

Diketahui, setelah menempuh perjalanan udara selama 2 jam 10 menit dari Jakarta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono tiba di Pangkalan TNI AU Soewondo, Medan, Kamis siang pukul 09.30 WIB.

Di kaki tangga Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-800 milik Garuda Indonesia, Presiden disambut Gubernur Gatot Pujo Nugroho.

Dari Pangkalan Udara Soewondo, SBY dan Ibu Ani langsung berkendara mobil menuju Posko Penanganan Erupsi Gunung Sinabung, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, yang berjarak 74 km.

Setibanya di Kabanjahe, Presiden dan Ibu Negara mengunjungi beberapa titik lokasi pengungsian, dan malam harinya menginap di pengungsian.

Besok, SBY dan Ibu Ani akan kembali ke Medan untuk melakukan peninjauan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Presiden direncanakan berangkat dari Stasiun Medan menuju Stasiun Kualanamu menggunakan Kereta Airport Railink Services (ARS).

Kunjungan kerja Presiden ini akan berakhir pada hari Sabtu. SBY dan Ibu Ani akan kembali ke Ibukota pada Sabtu (25/1/2014) pagi hari.

Ikut dalam rombongan, diantaranya, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri ESDM Jero Wacik, Mentan Suswono, Menhut Zulkifli Hasan, dan Menhub EE Mangindaan. [ded]
sumber : medanbagus

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to GATOT DAN PARA PEJABAT SUMUT RAMAI-RAMAI IKUT MENGINAP DI SINABUNG

  1. Pingback: software

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *