LETUSAN GUNUNG SINABUNG CIPTAKAN 4 KAWAH BARU

Medan, – Letusan Gunung Sinabung hari ini telah menciptakan empat kawah baru. Kawah-kawah kecil yang menyemburkan asap itu menyebabkan warga khawatir.

Kawah baru itu berada di sekitar jalur pendakian dari Danau Kawar, Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Pada Selasa (15/10/2013) pagi, ratusan warga sekitar menyaksikan fenomena alam ini.

“Kawah-kawah baru itu, paling sedikit ada empat ini, posisinya sudah semakin ke bawah, bukan di sekitar puncak lagi. Ini makanya kita agak khawatir,” kata Simon Sitepu, salah seorang warga Kuta Gugung.

Kawah-kawah itu diduga tercipta saat letusan pertama sekitar pukul 01.00 WIB. Dibanding letusan kedua yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, letusan pertama lebih kuat. Letusan itu juga menyebabkan terjadinya longsoran di lereng gunung.

Kendati terjadi letusan, status Gunung Sinabung tidak mengalami perubahan. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan gunung ini berstatus waspada.
sumber : detik.com

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>