STATUS GUNUNG SINABUNG DITURUNKAN JADI WASPADA

Medan – Pihak berwenang menurunkan status bahaya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Dari status semula ‘siaga’, kini menjadi ‘waspada’ terhitung sejak Minggu (29/9/2013).

Penurunan status ini disampaikan Armen Putra, petugas Pos Pemantauan Gunung Api Sinabung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Pos ini berada di Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Karo.

“Sudah diturunkan statusnya sejak jam sebelas siang tadi,” kata Armen.

Disebutkannya, penurunan status gunung itu dari siaga (level III) menjadi waspada (level II) merujuk pada kondisi gunung. Berdasarkan pemantauan, aktivitas vulkaniknya tidak ada peningkatan.

“Ya monitoringnya tidak ada peningkatan lagi,” kata Armen.

Dengan diturunkannya status gunung ini, berarti Gunung Sinabung sudah dinyatakan aman. Warga yang bermukim di zona bahaya dan tengah berada di pengungsian, sudah dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

Gunung Sinabung meletus pada Minggu (15/9) dan Selasa (17/9). Letusannya menghasilkan asap bercampur abu vulkanik yang menyebar ke sejumlah desa. Akibatnya, pengungsian terjadi dan jumlahnya sempat mencapai 15.691 jiwa.
sumber : detikcom

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>