AKTIVITAS GUNUNG SINABUNG MENINGKAT

* Terjadi 184 Kali Kegempaan

KABANJAHE  ( Berita ) : Aktivitas kegempaan gunung api Sinabung di Desa Ndokum Siroga, Kec. Simpang Empat, Kab. Tanah Karo, mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya dengan aktivitas 184 kegempaan.

Hal itu berdasarkan data pengamatan secara instrumental (Seismik) dan secara visual pada Juni 2013 melalui pos pengamatan gunung api Sinabung. Walaupun mengalami peningkatan kegempaan vulkanik dalam (VA) , namun belum ada tanda-tanda membahayakan, sehingga statusnya tetap Waspada (Level II).

“Memang ada peningkatan kegiatan kegempaan gunung Sinabung dan tetap kita pantau perkembangannya,”ujar ketua pos pengamatan gunung api Sinabung Amen Putra,S.Pd ,Rabu (10/7) sore.

Sejak mengalami erupsi Agustus 2010, dan ditetapkan status Waspada (Level II) pada 7 Oktober 2010, sampai sekarang aktivitas Sinabung berfluktuatif. Namun kegiatan kegempaan berdasarkan data pengamatan secara instrumental dan secara visual pada Juni mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan Mei lalu.

Pantauan kegiatan Sinabung dilakukan secara visual dari pos pengamatan Gunung Sinabung di Desa Ndokum Siroga, Kec. Simpang Empat,Kab. Karo pada Juni 2013,pada pagi, sore dan malam. Gunung Sinabung pada umumnya jelas dan kadang berkabut.

Pada saat gunung tampak jelas terlihat asap putihtipis putih tebal dengan ketinggian yang juga cenderungmengalami penurunan sekira30-200 meter di atas permukaan kawah dengan tekanan lemah hingga kuat. Ketua pos pengamatan gunung api  Sinabung mengatakan,  kegiatan kegempaan Sinabung berupa gempa vulkanik, gempa vulkanik dalam(VA), gempa tektonik lokal(TL) jumlahnya meningkat dibanding Mei.

Sedangkan gempa tektonik jauh (TJ) jumlahnya menurun dibanding Mei 2013. Gempa tornillo , gempa vulkanik dangkal (VB),tremor dan gempa hembusan (H) tidak terekam.

Aktivitas kegempaan bulanan Sinabung pada Juni sebanyak 184 kali dengan perincian jenis gempa vulkanik Ase banyak 112 kali, tektonik lokal 27 kali dan tektonik jauh 45 kali.  Sebelumnya kegiatan kegempaan pada Mei sebanyak 145 kali, dengan perincian vulkanik A 69 kali, tektonik lokal 7 kali dan tektonik jauh 69 kali.

Gempa hembusan,tremor, tormillo dan gempa bulkanik B tidak terekam. Sedangkan, aktivitas pendakian gunung yang dilakukan para pencinta alam, terutama pada hari libur tidak terganggu. Demikian juga aktivitas warga di sekitar Sinabung yang umumnya petani.(WSP/ c09)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Takasima, Informasi Untuk Kabupaten Karo. Bookmark the permalink.

One Response to AKTIVITAS GUNUNG SINABUNG MENINGKAT

  1. abdul says:

    Bagai minute status gunung kt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>