PILGUB SUMUT AKAN DIULANG?

MEDAN – Pemungutan suara Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2013 kemungkinan bisa diulang. Sebab, dari proses perjalanan sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Sumatera Utara 2013 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang berakhir Kamis (11/4), penggugat, tim pasangan Effendi Simbolon-Jumiran Abdi (ESJA) mampu menghadirkan saksi-saki dan bukti-bukti fisik.

Ketua Lembaga Independen Pemantau Pemilu Indonesia (LIPPI) Sumut Binsar Hutagalung, hari ini, mengatakan, pemungutan suara ulang di lokasi-lokasi terjadinya kecurangan patut dilakukan, demi tegaknya kebenaran yang berkeadilan guna tetap menjaga kondusifitas Sumut. Dan ini menunjukkan kalau demokrasi di Sumatera Utara tetap menjunjung sportivitas.

“Kemungkinan besar bisa diulang. Karena dari keterangan puluhan saksi yang dihadirkan tim ESJA dan bukti fisik di persidangan, memang menunjukkan kalau kecurangan tersebut dilakukan secara sistematik dan terstruktur. Apalagi saksi-saksi dan bukti fisik kecurangan tersebut jelas suatu pembuktian kecurangan yang terjadi,” ujar Binsar.

Dikatakan, desk pilkada, pihak pemerintah provinsi sebagai penyelenggara, kurang melakukan sosialisasi. Apalagi KPU Sumut sebagai pelaksana juga dinilai tidak profesional, dalam melaksanakan tahapan-tahapan baik secara teknis maupun secara administrasi.

“Momen inilah yang diambil oleh pasangan GanTeng untuk melakukan kecurangan-kecurangan seperti keterangan saksi-saksi dan bukti fisik yang dihadirkan tim ESJA dalam persidangan,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Tim Pemenangan GanTeng, Ikhrimah Hamidy, mengaku telah mengklarifikasi tuduhan-tuduhan yang diajukan Tim ESJA dan tim GusMan di persidangan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta dan berupaya memberi pembelaan hingga final pada persidangan Senin (15/4) mendatang.

“Pengajuan saksi-saksi baik dari pihak pemohon baik pihak GusMan, pihak KPU dan pihak GanTeng, pengajuan itu disahkan,” ujar Ikhrimah.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>