PRODUKSI KOPI SIMALUNGUN CAPAI 90.000 TON PER TAHUN

MedanBisnis – Simalungun. Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Simalungun Amran Sinaga mengatakan, produksi kopi dari Kabupaten Simalungun rata-rata mencapai 90 ribu ton per tahun.
“Jenis kopi yang dihasilkan adalah  arabika, bukanya robusta. Namun saat ini petani Simalungun tengah menghadapi masalah pemasaran di tingkat nasional karena tidak memiliki hak paten,” kata Amran melalui Sekertaris Dinas Perkebunan Simalungun Dinas Sembiring, Rabu (3/4) di ruangannya.

Akan tetapi lanjut dia, pihaknya kini sedang memperjuangkan hak paten tersebut dari pemerintah pusat. “Kopi yang dihasilkan dari Kabupaten Simalungun telah mendapatkan predikat layak  berdasarkan hasil penelitian dari Jember. Ini yang mau kami kembangkan di tahun 2013 ini.

Nantinya, satu-satunya kopi di Sumut yang mempunyai hak paten adalah kopi Simalungun,” ujarnya.
Dikatakan Dinas, untuk mencapai itu, Dinas Perkebunan Simalungun  memberikan bantuan kepada petani kopi seperti bibit bersubsidi bersertifikat guna mengantisipasi petani mengalami gagal panen.

Selain bibit kopi, juga ada bantuan bagi produk jenis unggulan yang bersubsidi diantaranya, bibit kakao, karet dan kelapa sawit. Dengan taksasi harga subsidi untuk kopi Rp 150 per batang, kelapa sawit Rp 1.200/ per batang, kakao Rp 750 per batang, karet Rp1.500 per batang, dan karet entres Rp 3.000 per  batang.

“Kami juga memberikan pupuk bersubsidi bagi petani berupa pupuk bokasi plus dengan harga Rp 200 per kg yang dapat diambil di pusat pembibitan di Panei Tongah,” ucap Dinas.

Bagi para petani yang ingin mendapatkan bantuan itu, lanjut dia, cukup mudah, karena penerapan sistem mendapatkan hanyalah melalui kelompok tani atau kepala desa. Ini dilakukan agar program tersebut dapat benar-benar menyentuh masyarakat tani. (samsudin harahap)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kabupaten Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>