PELAYANAN RS SELALU JADI ‘KAMBING HITAM’

MEDAN (Waspada): Kadis Kesehatan Sumut dr. Raden Roro Siti Hartati Surjantini, MKes mengatakan, pelayanan rumah sakit selalu menjadi ‘kambing hitam’ karena masyarakat tidak puas saat berobat di rumah sakit tersebut. Karena itu, setiap rumah sakit harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“RS harus selalu berubah, karena penyakit yang dihadapi selalu berubahubah. Karena itu, jangan puas dengan apa yang didapat saat ini, teruslah meningkatkan pelayanan dengan mengikuti berbagai persyaratan. Karena ada syarat yang harus dilengkapi kalau kita mau naik tingkatan,” kata Surjantini saat menyerahkan sertifikat akreditasi tipe B kepada RSU Sari Mutiara Medan dan tipe C kepada RSU Sari Mutiara Lubukpakam, Senin (4/3).

Guna memberi kepuasan kepada pasien, lanjut Surjantini, maka pasien harus mengetahui diagnosa penyakit dengan cepat, harus mengetahui berapa lama dirawat dan apa saja tindakan yang dilakukan terhadapnya. “Inilah yang harus dilakukan. Selain memberi pelayanan kesehatan, RS juga harus mendidik masyarakat. Berilah pengetahuan terkait Perilaku Hidup Bersih Sehat,” terang Surjantini.

Ditambahkannya, akreditasi RS adalah suatu pengakuan tertulis yang diberikan pemerintah pada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang ditentukan. “Ada tahapan akreditasi ini, di antaranya RS harus meningkatkan pelayanan, proses administrasi dan perencanaan pengembangan RS, koordinasi dalam asuhan terhadap pasien dan lainnya,” kata Surjantini.

Sementara itu, Rektor Universitas Sari Mutiara (USM) DR. Dra. Ivan Elisabeth Purba, MKes mengatakan, penyerahan sertifikat ini menjadi sejarah bagi Yayasan Sari Mutiara Medan. “Sertifikat ini merupakan  pertanggungjawaban kita dalam memberi pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

Menurut Ivan, Dinkes Sumut bisa menjadi contoh bagi Dinkes provinsi lainnya, karena di Sumut pendidikan kesehatannya sangat banyak. “Kalau mahasiswa pendidikan kesehatan ini dijadikan duta ASI ekslusif, tentu akan membantu program pemerintah, karena meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya tugas pemerintah tetapi tugas kita semua,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Yayasan Sari Mutiara Drs. Washington Purba mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Dinkes Sumut terhadap RSU Sari Mutiara. Sertifikat akreditasi diserahkan kepada Dr. Musa Togi Marpaung selaku RSU Sari Mutiara L.Pakam dan Dr. Tahim Solin, MMR selaku Direktur Umum RSU Sari Mutiara Medan. (h02)
sumber: waspadamedan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *