JALAN NASIONAL SUMATERA, JAWA & BALI DITARGETKAN “MULUS” 100% DI 2014

MedanBisnis-Jakarta. Pemerintah menargetkan 94% dari 38.500 km jalan nasional (jalan yang dikelola pemerintah pusat) berada dalam kondisi mantap alias bebas rusak pada akhir tahun 2014. Khusus untuk Jawa, Sumatera dan Bali ditargetkan akan mencapai 100%. Saat ini, seluruh kondisi jalan mantap di Indonesia baru mencapai 92,5%.
“Akhir 2012 itu 92,5%. 90% dari 38.500 Km. Target kita 2014 itu 94%. Itu se-Indonesia. Tetapi kita harapkan Sumatera, Jawa, dan Bali itu 100%. Jadi yang belum tadi seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, banyak sekali,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, di Jakarta, Selasa (26/2/2013).

Ia menambahkan, dalam Rencana Program Jangka Menengah, Kementerian Pekerjaan Umum membutuhkan dana hingga Rp 148 triliun untuk memperbaiki jalan yang rusak ini. Namun, anggaran Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun ini hanya mencapai Rp 79,7 triliun.

“Itu untuk semua infrastruktur ke PU-an, Bina Marga mungkin hanya setengahnya,” lanjutnya.

Program pemantapan jalan ini, lanjut Djoko terdiri dari beberapa kriteria. Yang pertama ialah pemeliharaan yang dilakukan selama 3 bulan sekali. Pemeliharaan ini dilakukan untuk kondisi jalan yang tidak terlalu rusak.

“Pemeliharaan rutin itu biayanya murah, jalan bagus dan sedang per kilometer dananya paling Rp 50 juta,” katanya.

Selain itu, pemerintah pun melakukan upaya perbaikan untuk jalan yang mengalami kerusakan parah, perbaikan ini disebut perbaikan berkala yang tentunya memakan dana yang lebih besar lagi.

“Tetapi kalau sudah rusak parah, ini menggunakan yang berkala. Bisa sampai Rp 1-2 miliar per Km. Harganya memang jauh berbeda. Makanya kita mau yang itu rutin ditingkatkan supaya yg berkala bisa berkurang,” pungkasnya.(dtf)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>