AIR ‘SIGURA-GURA, RENDAM TANJUNG BALAI DAN ASAHAN

TANJUNG BALAI – Banjir kiriman akibat dibukanya pintu bendungan Sigura-gura merendam ratusan rumah, lahan pertanian dan badan jalan di Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur, kota Tanjung Balai, serta Kec.Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

Sampai Minggu siang, air yang menggenangi kawasan tersebut sejak Jumat, tampak kian tinggi. Selain rumah penduduk dan lahan pertanian, air merendam badan jalan Kartini Ujung, Husni Tamrin, Singosari, SMA Negeri-3 dan HM.Nur di Kec. Datuk Bandar,  Jalan MT Haryono Ujung dan Jalan  Anwar Idris di Kec.Datuk Bandar Timur.

Sebagian dari warga korban banjir yang rumahnya terendam air, terpaksa mengungsi ke rumah sanak famili. Sementara sebagian warga yang khawatir harta bendanya dijarah  memilih tetap berdiam dirumah masing-masing.

Sementara itu, ratusan warga yang bermukim di Jalan.Pasar Traktor Kec.Simpang Empat Kabupaten Asahan terpaksa mendirikan tenda darurat di atas badan jalan. Ketinggian air yang merendam rumah rumah mereka diperkirakan mencapai 1,5 meter.

Untuk mencegah terjadinya korban jiwa, Pemkot Tanjung Balai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mendirikan sejumlah Posko. Pihak Kecamatan juga mendirikan Posko di beberapa titik yang dianggap rawan.

Kepala BPBD Pemkot Tanjung Balai, Mahdin Siregar mengatakan, banjir kiriman ini telah merendam Kel.Sijambi, Pahang dan Gading Kec.Datuk Bandar, serta Kel.Bunga Tanjung, Selat Lancang dan Selat Tg.Medan Kec.Datuk Bandar Timur.

“Banjir terjadi sejak dua hari lalu, setelah pintu bendungan Sigura-gura dibuka. Sebelumnya, melalui pengumuman warga sudah diberitahu bahwa akan ada banjir kiriman”, katanya.

Terkait bantuan, sambungya, Pemkot sedang melakukan pendataan warga yang terkena banjir, setelah jumlahnya diketahui secara pasti, bantuan akan segera disalurkan. “Bantuan berupa bahan sandang dan pangan sedang dipersiapkan, jika jumlah korban hasil pendataan telah terhimpun, secepatnya bantuan akan disalurkan”, katanya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>