12 WARGA AFGANISTAN DIPINDAHKAN KE MEDAN

MEDAN – Akibat over kapasitas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjung Pinang, Batam, sejumlah 12 imigran asal Afghanistan pindah  lokasi ke penampungan sementara di Wisma Lestari Kota Medan.

“Imigran yang berasal dari Afghanistan itu sudah berada di Medan sejak kemarin. Ke-12 warga Afghanistan itu tiba di Bandara Polonia Medan menggunakan pesawat penerbangan Lion Air dengan nomor JT 971,” ujar      Humas Kantor Kamenterian Hukum dan HAM Wilayah Sumatera Utara, Safawi di Medan, hari ini.

Dikatakan, orang asing tersebut langsung dibawa petugas Imigrasi Kelas I Polonia Medan ke tempat penampungan imigran di Wisma Lestari. “Jadi, orang asing itu berada di Medan ini hanya beberapa hari saja, dan menunggu pengiriman mereka ke negara ketiga, yakni ke Australia,” jelasnya.

Para imigran yang dititipkan di Medan juga telah memiliki kartu United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). “Warga Afghanistan itu merupakan tanggung jawab pihak negara ketiga, dan bukan kewenangan imigrasi yang ada di daerah ini,” kata Safawi. Sementara itu, Imigran yang ditampung di Rudenim Medan di Belawan, juga padat atau melebihi dari kapasitas ditentukan.

Jumlah orang asing di Rudenim Medan lebih dari 200 orang, sementara daya tampung hanya untuk 120 orang dan kamar yang tersedia 80 kamar.

Kalau ingin tidur terpaksa harus berdesak-desakkan karena penghuninya sangat padat. Dari 200 orang lebih imigran tersebut terdiri atas warga Sri Lanka, Myanmar, Afghanistan, dan Pakistan.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>