WARGA DUSUN TAPIAN NAULI SIPOHOLON KESULITAN AIR BERSIH

Tarutung, (Analisa). Sejumlah warga Dusun Tapian Nauli, Desa Panggabean, Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengaku, kesulitan memperoleh air bersih untuk kehidupan sehari-hari.
Selain belum masuk jaringan air, warga juga semakin disulitkan dengan kondisi pompa sumur bor yang digunakan sebagai alternatif belakangan banyak rusak, diduga karena mesin yang sudah tua ditambah air yang sangat sulit ditembus ke tanah. Kondisi ini, mengakibatkan warga terpaksa mendapatkan air ke sungai sejauh tiga kilometer.

“Kami tidak tau harus bagaimana lagi, untuk mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak dan mencuci kami harus berjalan ke ke sungai sepanjang tiga kilo meter,” ujar salah seorang warga A Boru Manulu kepada wartawan, Senin, (18/2).

Menurut A Boru Manalu, situasi parah ini ketika, sejumlah sumur bor yang sebelumnya dijadikan alternatif untuk mendapatkan air, belakangan banyak yang rusak disebabkan mesin yang sudah tua serta lahan galian tanah keras, hingga air tidak bisa lagi dipompa sumur bor yang rusak, untuk menggantinya butuh dana besar, sedang kami kesulitan dana.

Senada disampaikan warga lain B Lumbangaol. Dia berharap, agar pemerintah setempat bisa memberikan perhatian untuk kondisi ini.

Camat Sipoholon Luhut Marbun mengatakan, sejauh ini pihaknya belum ada menerima pengaduan tertulis dari waga desa mengenai persolan air bersih.

Dia meminta, agar warga melalui kepala desa menyurati pihak terkait yang nantinya akan didukung rekomendasi pihak kecamatan.

“Kita berharap aparat desa membuat suratnya, nanti kita akan mengusulkan bantuannya, hingga warga dapat memperoleh air bersih,” ucapnya. (can)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *