LIBUR AKHIR PEKAN BERASTAGI LENGANG

Dampak Longsor Jalan Negara, Medan-Berastagi

BERASTAGI- Dua hari setelah tertimbun longsoran material tanah bercampur kayu dan batu, Jalan Negara,  Medan – Berastagi, Minggu (17/2) kembali normal seperti biasa. Polisi juga telah mengevakuasi dua dari tiga mobil yang tersapu tanah.

LENGANG:Jalanan terlihat lengang pasca longsor  terjadi  kawasan jalur Berastagi-Medan belum lama ini.//NANANG/SMG

NANANG/SMG
LENGANG:Jalanan terlihat lengang pasca longsor yang terjadi di kawasan jalur Berastagi-Medan belum lama ini.

Menurut Kepala Pos Lalu Lintas Doulu, Aiptu Pitoyo menjelaskan jika  dua kenderaan roda empat yang terapu longsong sudah dibawa dari bibir jurang . Keduanya masing – masing BK 1619 QC  dan BK 1896 FB.   Sedangkan satu unit minibus Datra jurusan Sidikalang – Medan hingga kini belum berhasil diangkat dari dalam jurang sedalam 100 meter itu.

Polisi hingga kini masih mencari akal sembari menunggu pihak direksi minibus. Di lain hal tambah Pitoyo, polisi tetap melakukan serangakain monitoring di antara jalur jalan Doulu – Tongkoh, karena selain belum melakukan tindakan merelokasi timbunan tanah secara keseluruhan, pada ruas jalan ini tetap menjadi titik rawan longsor, apalagi hujan belum benar-benar berhenti.

Mengingat, dampak dari longsor tersebut, membuat sejumlah calon wisatawan mengurungkan niat mereka berkunjung ke Berastagi. Paling tidak ini tergambar dari tingkat hunian yang mengalami penurunan drastis, berupa pembatalan menginap yang berkisar antara 15 hingga 50 persen.
Di hotel Horison, Hasan Harahap selaku GM mengaku terdapat beberapa tamu yang tidak jadi menggunakan jasa hotelnya untuk berlibur pasca terjadinya longsoran di jalan Negara Medan – Berastagi.

Hal yang sama juga diakui Sariadi dari managemen Sinabung Hill Berastagi. Walau masih dirasa layak, tetapi jumlah keterisian kamar saat libur akhir pekan kemarin menurutnya masih rendah.(nan/smg)
sumber: hariansumutpos

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *