KETUA KUB WIJAYA DITUDING SELEWENGKAN DANA PUMP

Belawan-andalas Ketua kelompok usaha bersama (KUB) Wijaya, Kelurahan Pekan Labuhan
Kecamatan Medan Labuhan, Abdul Latib Simangungsong (51) dilaporkan sekretaris dan anggotanya ke Kejaksaan Negeri Belawan, Jumat (15/2).

Warga Lingkungan 22, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan ini dilaporkan atas dugaan penyelengan dana bantuan program usaha mina pedesaan (PUMP) tahun anggaran 2012.
Sekretaris KUB Wijaya, Irwanto didampingi anggotanya, Zul di kantor Kejari Belawan mengaku kesal dengan ulah ketuanya.

“Abdul Latib kami laporkan karena tidak ada iktikad baiknya untuk mengembalikan dana bantuan PUMP itu, padahal saat pencairan dana di Bank BRI Simpang Kantor tanda tangan saya dipalsukan,” kata Irwanto.

Dari bantuan Rp100 juta itu, lanjut Iwan, Latib membeli 2 unit perahu bekas senilai Rp24 juta dan 1 labuh jaring senilai Rp10 juta.

“Kami hanya dibaginya Rp3 juta/orang. Seharusnya uang itu bersisa Rp36 juta lagi. Namun Latib mengaku uangnya sudah habis digunakan termasuk untuk kadistanla Medan. Jelas saja kami keberatan dan melaporkannya ke Kejari Belawan,” tambah Irwanto.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, KUB yang menerima bantuan dana PUMP dari Kementerian Kelautan Perikanan Tahun Anggaran 2012 sebanyak 19 KUB, masing-masing KUB menerima Rp100 juta.

Bantuan itu langsung disalurkan melalui rekening KUB masing-masing, namun kendalinya tetap Distanla Medan. Dari tiap KUB dikeluarkan 5 % untuk oknum Distanla Medan dengan dalih ucapan terima kasih.

Ironisnya, pemanfaatan bantuan KKP tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya sesuai dengan Rapat Umum Bersama (RUB), melainkan untuk kepentingan pribadi.

Menanggapi masalah itu, K Saragih, warga Kelurahan Sei Mati berharap agar Kejari Belawan memeriksa semua KUB yang menerima PUMP tahun 2012 yang bermasalah itu.

“Kita harap Kejari Belawan memeriksa semua KUB yang menerima PUMP tahun anggaran 2012, jika ditemukan penyimpangannya segera tangkap dan penjarakan saja,” pinta Saragih. (DP)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *