LAGI, TIGA GEREJA DI MAKASSAR DILEMPARI BOM MOLOTOV

MAKASSAR, KOMPAS.com — Setelah pelemparan dua gereja di Makassar beberapa hari lalu, kini tiga gereja kembali dilempari bom molotov oleh orang tak dikenal, Kamis (14/2/2013). Beruntung, api cepat dipadamkan dan tidak ada korban jiwa ataupun luka dari kejadian tersebut.

Ketiga gereja yang dilempari bom molotov tersebut adalah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sulsel di Jalan Samiun, Kecamatan Ujungpandang, Gereja Toraja di Jalan Gatot Subroto No 26, Kecamatan Tallo, dan Gereja Toraja Klasis di Jalan Pettarani 2, Kecamatan Panakukang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com dari sumber di kepolisian, pelemparan bom molotov pertama kali terjadi di Gereja Toraja Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tallom sekitar pukul 03.00 WITA.  Bom molotov dilemparkan ke arah depan pintu masuk utama gereja. Bom molotov yang berisikan bahan bakar cair itu pun meledak dan menghanguskan pintu depan dan meja yang berada di depan gereja. Kejadian tersebut baru diketahui sekitar pukul 07.00 WITA setelah penjaga gereja, Thomas, membersihkan halaman.

Selanjutnya, pelemparan Gereja Toraja Klasis di Jalan Pettarani 2, Kecamatan Panakukang, terjadi sekitar pukul 03.30 WITA. Bom dilemparkan ke arah dinding gereja dan api sempat membakar tembok dinding. Namun, beruntung, api berhasil dipadamkan oleh warga sekitar gereja dengan menggunakan peralatan seadanya.

Berselang sekitar 30 menit kemudian, GKI Sulsel di Jalan Samiun 17, Kecamatan Ujungpandang, juga dilempari bom molotov. Gereja dua lantai ini dijaga oleh satpam.

Dari keterangan satpam, Yohanes alias Samone (50), peristiwa terjadi saat ia menonton siaran bola. Tiba-tiba, ada pelemparan dari arah Jalan Pattimura ke arah gereja yang dilakukan dua motor yang saling berboncengan. Akibatnya, pelemparan bom molotov tersebut kaca bagian depan pecah dan sebagian dinding hangus terbakar.

Saat ini, belum ada keterangan resmi dari aparat kepolisian. Namun, aparat Kepolisian di jajaran Polda Sulselbar dan Pemerintah Kota Makassar akan melakukan pertemuan di kantor Balai Kota Makassar di Jalan Ahmad Yani. Direncanakan, turut hadir dalam pertemuan itu mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
sumber : kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *