DIRUT RSUP HAM DIGANTI

Medan-andalas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengganti Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) dr Azwan Hakmi Lubis SPA MKes dengan pejabat baru, dr Lukmanul Hakim Nasution SpKK.

Acara serah terima jabatan dilakukan di Aula Administrasi rumah sakit tersebut, Rabu (13/2), dipimpin Direktur Jenderal Bina Upaya (Dirjen BUK) Kemenkes Prof Dr dr Akmal Taher SpU(K).
Dalam sambutannya, Akmal Taher menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dirut RSUP HAM lama yang telah memimpin RSUP HAM selama dua tahun dengan penuh tanggung jawab dan tepat sasaran.

“Kepada pejabat yang baru saja melakukan sertijab saya ucapkan selamat. Mudah-mudahan dapat melakukan upaya terobosan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran dalam meningkatkan kinerja pada unit kerjanya,” harapnya.

Akmal juga berpesan agar jabatan yang dipercayakan dijadikan amanah dan kepercayaan untuk senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dengan cara yang paling baik kepada masyarakat.

Selain itu, tambahnya, jangan ragu melaksanakan reformasi dan inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan selama dalam koridor aturan yang benar. Juga bersikap terbuka, bersedia menerima kritik dari semua pihak dan jadikanlah kritikan sebagai kontrol bagi kepemimpinan.

“Serta tumbuhkan suasana yang kondusif dan kompak di antara staf untuk menjamin kelancaran tugas-tugas, dan ingatkan selalu staf untuk memberikan pelayanan terbaik dan senyum terhadap pasien,” imbuhnya.

JCI Penting

Di bagian lain dalam sambutannya Akmal Taher juga menyinggung soal Joint Commision Internasional (JCI). Menurutnya JCI merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan pasien karena ini merupakan akreditasi internasional terhadap rumah sakit.

Begitu juga dengan RSUP HAM Medan banyak dikunjungi masyarakat kelas bawah seperti pasien Jamkesmas dan Jamkesda.

“Karena itu untuk mencapai akreditasi JCI diperlukan komitmen, kompeten, support, dari seluruh intansi yang ada di rumah sakit ini. Tapi saya yakin apa yang menjadi target rumah sakit ini pasti terwujud,” ujarnya.

Sementara Lukmanul Hakim Nasution  mengucapkan terima kasih kepada Dirjen BUK Kemenkes RI yang telah mempercayakan dirinya untuk menjabat Dirut RSUP HAM. “Kepercayaan ini akan saya jalankan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Menurut Lukmanul, banyak hal yang harus diselesaikan untuk memperbaiki proses pelayanan di rumah sakit ini seperti harapan masyarakat sesuai dengan visi rumah sakit menjadi Pusat Rujukan Pelayanan Kesehatan, Pendidikan dan Penelitian yang mandiri dan unggul di Sumatera pada tahun 2015.

Tak kalah penting, lanjutnya, rumah sakit ini akan menuju rumah sakit berstandar internasional.

“Kita semua sudah berkomitmen bersama akan meraih akreditasi JCI tahun 2013. Untuk itu mari kita bekerja sesuai dengan kebijakan, prosedur, pedoman yang telah kita buat bersama,” ajaknya.

Dikatakannya, JCI ini adalah pelayanan fokus pasien dan safety. “Tidak ada alasan lagi untuk tidak melaksanakannya bekerja sesuai standar, sebab membuat kita menjadi aman termasuk dokter, perawat dan pasien sendiri,” tegasnya dan berterima kasih kepada dirut lama atas bimbingan, dorongan dan kerjasama sehingga mendapat jabatan Dirut RSUP HAM.

Sebelumnya, Dirut lama  Azwan Hakmi Lubis berharap pergantian kepemimpinan bisa menjadi momentum yang sangat penting bagi RSUP HAM untuk mendorong kinerja demi tercapainya target-target yang telah ditetapkan. RSUP HAM harus berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan pelayanan prima untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepada Dirut baru, Azwan meminta agar ke depannya dapat memajukan RSUP HAM dalam skala nasional maupun internasional, terutama dalam melanjutkan pencapaian Akreditasi Internasional JCI yang sedang berjalan saat ini.

“Saya pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, bila ada kesalahan dan kekhilafan selama menjalankan tugas sebagai Dirut RSUP HAM, baik dalam aktivitas pekerjaan maupun pergaulan,” ujarnya.(YN)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *