POLRES SERGAI GAGALKAN PENYELUDUPAN 1.400 KARUNG BAWANG

PANTAICERMIN (Waspada): Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Serdang Bedagai berkerjasama Polsek Pantai Cermin berhasil menggagalkan upaya penyeludupan sekitar 1.400 karung bawang merah dan bawang putih dalam kemasan karung bawang 10 Kg, asal India yang diangkut dari Malaysia tanpa dilengkapi dokumen (ilegal), Minggu (10/2) dinihari sekira pukul 04:00 di perairan Pantai Pematang Gunung, Dusun I, Desa Lubuk Saban, Kec.Pantai Cermin.

Selain bawang merah Polisi juga berhasil mengamankan empat unit truk Colt Diesel BA 9905 SE, BB 8929 LR, BM 8075 DB, BK 9946 DK berikut sopir, SUR, 25, AR, 31, MUS, 32, dan TUM, 37, keempatnya warga Desa Meranti, Kisaran Kab.Asahan, berikut satu kapal motor pengangkut bawang KM. Karya Baru-VI, GT 23, No.642 PPB.

Keterangan dihimpun Waspada, Polair Polres Sergai sekira pukul 03:00 mendapat informasi dari warga sekitar bahwa ada aktifitas bongkar muat bawang dari kapal ke truk. Selanjutnya personel Polair Polres Sergai bekerja sama dengan personel Polsek Pantai Cermin yang dipimpin Kasatpol Air Polres Sergai, AKP.Bakhdaruddin meluncur ke lokasi dan menemukan ke empat truk tengah melakukan aktifitas bongkar muat bawang dari kapal motor ke truk.

Setelah itu Polisi langsung mengamankan mengamankan barang bukti, 4 unit truk yang telah sarat muatan bawang berikut sopir, serta satu unit kapal motor, namun saat diamankan tekong berikut anak buah kapal (ABK) sudah tidak berada dilokasi, keburu kabur.

Barang bukti truk bermuatan bawang berikut sopir yang sempat diamankan di Mapolsek Pantai Cermin dilimpahkan ke Satreskrim Polres Sergai di Jl.Negara, Desa Firdaus, Kec.Sei Rampah, sedangkan kapal motor diamankan ke Mapolair Polres Sergai di Desa Tebing Tinggi, Kec.Tanjung Beringin.

SUR, sopir truk BA 9905 SE mengaku dirinya dipesan melalui seorang teman untuk mengangkut barang dari Pantai Cermin ke Medan dengan ongkos Rp700 ribu, dirinya juga berkilah baru mengetahui barang yang dimuat bawang merah setelah sampai dilokasi tanpa mengetahui pemilik bawang, tuturnya kepada Waspada disela pemeriksaan di Satreskrim Polres Sergai sembari mengaku baru kali pertama mengangkut bawang.

“Saya baru tahu kalau barang yang akan diangkut adalah bawang merah, walaupun sempat curiga terpaksa diangkut juga berhubung sudah sampai dilokasi, belum sempat berangkat keburu ditangkap Polisi, sementara penunjuk jalan sempat kabur, ” keluh AR sopir truk BM 8075 DB kepada Waspada.

Kapolres Sergai, AKBP.Arif Budiman SIK, MH ketika dihubungi Waspada membenarkan pihaknya telah mengamankan 1.400 karung bawang merah, termasuk 8 karung bawang putih ilegal, berikut 4 truk pengangkut bersama sopir, serta satu unit kapal motor, ungkapnya.

“Seluruh barang bukti telah diamankan dan ke empat sopir tengah menjalani pemeriksaan guna pengembangan lebih lanjut,” tegas Arif Budiman. (c03)
sumber: waspadamedan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *