JIKA PILGUBSU SATU PUTARAN, APBD HEMAT RP100 M

MEDAN (Waspada): Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara  Surya Perdana, SH, MHum berpendapat, jika Pemilihan Gubernur Sumut  (Pilgubsu) pada 7 Maret 2013 mendatang dapat berlangsung satu putaran,  maka dapat dipastikan APBD Sumut hemat Rp100 miliar.

“Untuk menghemat dana itu, kami mengharapkan agar rakyat benarbenar  sadar hukum untuk mengikuti semua proses demokrasi tersebut,” kata Surya  dalam diskusi publik tentang Peran Pilgubsu 2013 Dalam Mewujudkan  Demokrasi Yang Bersih Di Sumut yang diselenggarakan KPU Sumut dan LBH  Humaniora Medan, Sabtu (9/2).

Kata dia, pada 7 Maret, masyarakat harus datang ke TPS guna memberikan  suaranya dalam pemilihan Cagub/Cawagubsu. “Kalau ini semua dilaksanakan,  maka kesadaran hukum rakyat kita sudah tinggi. Dengan demikian, proses  demokrasi kita menjadi acuan bagi provinsi lain di Indonesia,” katanya.

Bukan hanya itu, jika kesadaran hukum masyarakat tinggi, maka angka golput  pada tahun ini juga berkurang. “Mungkin juga jika semuanya berjalan baik,  maka proses pemilihan kita lakukan satu putaran saja. Dana Rp100 miliar yang  sudah kita siapkan untuk putaran kedua bisa kita hemat dan dikembalikan ke  APBD,” ucapnya.

Untuk menuju itu semua, KPU Sumut sudah mempermudah para pemilih agar  proses demokrasi berjalan lancar. “Kalau untuk orang yang sakit, kita sudah  siapkan TPS berjalan. Begitu juga masyarakat di daerah perkebunan. Kita sudah  siapkan TPS yang tidak terlalu jauh, katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Dosen Fakultas Hukum UMSU Zulpikar SH, MH.  Dijelaskannya, agar proses demokrasi di Sumut menjadi acuan daerah lain,  maka jangan sampai Pemilukada di Sumut rusuh seperti Sumatera Selatan dan  lainnya. “Kesadaran hukum masyarakat kita harus tinggi,” harapnya.

Sementara itu Direktur LBH Humaniora Redyanto Sidik, SH, MH mengharapkan  agar mahasiswa dan tokoh pemuda yang hadir benarbenar memahami tata  cara proses demokrasi tersebut. “Kita agen perubahan di sini. Jadi kitalah  penentu pemimpin lima tahun mendatang,” demikian Redyanto. (h02)
sumber: waspadamedan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *