MALAM PERAYAAN IMLEK 2564 BERLANGSUNG MERIAH DAN SEDERHANA

Tebingtinggi, (Analisa). Mengawali malam tahun baru Imlek 2564 jatuh pada tanggal 10 Februari 2013, sejumlah Vihara di Tebingtinggi ramai dikunjungi para remaja dan orang tua guna melaksanakan ritual keagamaan menurut kepercayaan masing-masing, Minggu (10/2) dinihari.
Seperti di Viahara Maha Dana Jalan Veteran Tebinggi sejap pukul 20.00 Wib warga etnis Tionghoa sudah berdatangan usai mereka mengadakan acara keluarga, ada yang langsung ke vihara dan bagi remaja nongkrong dan berkumpul di depan rumah.

“Seperti tahun tahun sebelumnya, kebiasaan berkumpul di rumah dengan keluarga yang datang dari luar kota sambil makan malam bersama, setelah tiba pergantian tahun seperti kelender China baru ke vihara. Kita ke vihara, guna berdo”a agar diberi rezeki, panjang umur dan sehat sehat,” ungkap Sariputera / Habibie, Minggu (10/2).

Habibie mengakui Imlek tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini tidak seramai tahun lalu, pasalnya akhir tahun naga air ini kondisi perekonomian agak sulit. Ya, banyak keluarga yang tidak pulang. “Ya, sangat berbeda tahun ini dengan tahun lalu. Mudah mudahan di tahun ular air ini ada perubahan, kita berharap tahun ini lebih baik,” harap Sariputera.

Tapi, kegitan ritual keagamaan berlangsung biasa. Di Vihara Maha Dana tetap menampilkan Barongsai, barongsai ini tetap menghibur masyarakat Tebingtinggi. Beberapa barongsai keliling kota dan mengunjungi perumahan penduduk, mereka melakukan antraksi guna menghibur anak anak yang sedang berkumpul di rumah.

Pesta bunga api juga terbatas, tidak seperti tahun tahun sebelumnya. Biasanya udara berwarna warni silih berganti, tapi tahun ini terbatas. “Biasanya, ada donatur. Tapi, sekarang donaturnya pun sudah ngak ada lagi. Ya, kita berharap. Malam tahun baru ini lebih baik lagi, kita juga berharap agar perayaan Imlek ini lebih sederhana tapi berlangsung dengan baik,” Sariputera. (cha)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *