INI DIA TOKOH MILITER YANG LAIK NYAPRES VERSI SURVEI KABANGSOSPOL

Jakarta – – Survei Kelompok Kajian Pembangunan Sosial Politik (Kabangsospol) Indonesia, melakukan survei soal peluang tokoh militer untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2014. Survei yang menggunakan responden mahasiswa itu memunculkan 3 nama tokoh militer yang dianggap laik menjadi capres.

“Responden menilai Sutiyoso (80,2%), Djoko Suyanto (76,5%) dan Wiranto (73,8%), adalah tokoh militer yang laik dipersepsikan jadi capres 2014. Ketiga tokoh dapat nilai tertinggi dari 10 nama perwira dan mantan perwira tinggi militer lainnya yang disurvei,” ujar Sekretaris Lembaga Survei Kabangsospol Indonesia Nayawan Persada di Kantor LKBN Antara, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2013).

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 1-15 Januari 2013 di 7 kota besar di Propinsi Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Dipilih 200 responden dari tiap-tiap kota yang merupakan mahasiswa universitas negeri di kota tersebut dengan menggunakan metode quota sampling.

Di urutan keempat hasil survei tokoh militer itu ditempati oleh Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Jenderal TNI (Purn) Endiartono Sutarto (67,1%), lalu disusul ketua umum Partai Gerindra Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (65,8%), dan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar (61,4%).

“Kemudian Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo (56,3%), Mayjen TNI (Purn) Saurip Kadi (55,5%), Laksamana TNI (Purn) Slamet Subijanto (52,4%), dan Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein (45,1%),”.

Nayawan mengatakan, survey tersebut bertujuan untuk mengukur kualitas capres dari kalangan militer berdasarkan lima indikator, yaitu, integitas (integrity), kapabilitas (capability), kepemimpinan (leadership), rekam jejak (track record) dan penegakan hukum (penegakan hukum).

Berikut 10 tokoh militer yang dianggap layak menjadi capres 2014 menurut Lembaga survei Kelompok Kajian Pembangunan Sosial Politik (Kabangsospol) Indonesia:

1. Letjen TNI (Purn) Sutiyoso (80.2 persen),
2. Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto (76.5 persen),
3. Jenderal TNI (Purn) Wiranto (73.8 persen),
4. Jenderal TNI (Purn) Endriartono (67.1 persen),
5. Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (65.8 persen),
6. Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar (61.4 persen),
7. Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo (56.3 persen),
8. Mayjend TNI (Purn) Saurip Kadi (55.5 persen),
9. Laksamana TNI (Purn) Slamet Subijanto (52,4%),
10. Mayjend TNI (Purn) Kivlan Zein (45,1%)
sumber : detik.com

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *