PEMKO SIBOLGA SERAHKAN DP4 KE KPU SIBOLGA

Sibolga-andalas Pemerintah Kota Sibolga menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP 4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga sebagai acuan data  jumlah pemilih di Kota Sibolga, Kamis (7/2) di Aula Pemko Sibolga.

Penyerahan DP4 ini diserahkan langsung Wali Kota HM Syarfi Hutauruk, kepada Ketua KPU Kota Sibolga Nazran SE, setelah terlebih dahulu menandatangani berita acara penyerahan DP4 antara wali kota  dengan Ketua KPU Sibolga, disaksikan Muspida Kota Sibolga serta anggota KPU dan Panwas.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sibolga, Drs Charlie Sinambela mengatakan,  administrasi kependudukan diselenggarakan melalui Sistem Administrasi Informasi Kependudukan (SIAK) dan menghasilkan database SIAK di tingkat kabupaten/ kota, provinsi, maupun nasional.

“Perekaman e-KTP massal untuk penduduk wajib KTP di tahun 2011-2012 menghasilkan database KTP Elektronik (e-KTP) yang sudah dipastikan ketunggalannya. Database kependudukan akurat dapat terwujud, bila semua penduduk tercatat dalam database, dan tidak terdapat data ganda. Data kependudukan akurat, digunakan pada Pemilu akan meningkatkan legitimasi hasil Pemilu. DP4 akurat dapat menghindari terjadinya pemilih ganda,“kata Charlie

Sementara itu, Mendagri Gamawan Fauzi dalam sambutan dibacakan Wali Kota Drs HM Syarfi Hutauruk mengatakan, DP4 merupakan bahan utama bagi KPU untuk diproses lebih lanjut menjadi DPS dan DPT dalam rangka Pemilu 2014. DPT merupakan acuan utama bagi WNI untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

“Penyerahan DP4 dari pemerintah kepada KPU merupakan bagian tahapan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2014. Karena itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mempersiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat,”katanya.

Hadir dalam acara itu, Dandim 0211/TT diwakili Kapten R Sinaga, Kapolres AKBP JF Panjaitan, Kajari Sibolga diwakili Zulfikar, Ketua DPRD Kota Sibolga Sahlul U Situmeang, Ketua KPUD Nazdran bersama anggota, Ketua Panwas Sibolga beserta anggota berserta segenap Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat.(HAS)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *