1,7 JUTA SURAT SUARA PILGUBSU DIKIRIM KE 12 KAB/KOTA

Medan-andalas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara mengirim sebanyak 1.792.142 kertas surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2013 ke sejumlah Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias, Tapanuli bagian selatan dan Tapanuli bagian tengah, Minggu (10/2) sore.

Selain kertas surat suara, sejumlah keperluan logistik lainnya turut dikirim, diantaranya tinta, gembok dan kuncinya, lem, alat coblos, pulpen, karet gelang, stiker karet gelang dan formulir C6 pengganti undangan.

Pelepasan pengiriman sejumlah barang logistik Pilgubsu 2013 itu dilakukan Ketua KPUD Sumut, Irham Buana Nasution, Kepala Kesbanglinmaspol Provsu, Eddy Sofyan, serta Dir Samapta Poldasu, Kombes D Sinuraya. Barang-barang tersebut diangkut menggunakan dua unit truk dengan pengawalan dari Poldasu.

Ketua KPUD Sumut, Irham Buana Nasution menyebutkan, kertas surat suara itu dikirim cepat waktu untuk memberikan jaminan dan persiapan yang lebih matang dalam pendistribusian surat suara. Selain itu, memberi kesempatan kepada PPK dan TPS memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pelipatan surat suara.

“Hal ini kita lakukan untuk menjaga hal-hal terburuk dalam pelaksanaan Pilgubsu. Seperti Kepulauan Nias yang terkenal sebagai titik rawan Sumatera Utara dalam geografis sehingga kita perlu percepatan dalam mengirim kebutuhan logistik Pilgubsu,” terangnya seraya menyebutkan KPUD Sumut akan kembali mengirim surat suara ke Taput, Humbahas, Toba Samosir dan Samosir, hari ini (Senin, 11/2).

Berdasarkan data yang diperoleh, KPUD Sumut mengirim sebanyak 232.600 surat suara ke Nisel. 53.713 surat suara ke Nias Barat, 89.400 ke Nias Utara, 94.535 untuk didistribusikan ke Nias, dan 88.759 ke Kota Gunung Sitoli.

Lalu, 215.814 surat suara ditujukan ke Tapanuli Tengah, 70.941 ke Sibolga. Kemudian, Padang Lawas sebanyak 153.020 surat suara, Padang Lawas Utara sebanyak 155.548, Mandailing Natal sebanyak 287.733, Padang Sidempuan sebanyak 150.908, dan Tapanuli Selatan sebanyak 199.171 surat suara.

Sebelumnya, PT Pura Barutama telah mengirim sebanyak 2,7 surat suara dari Kudus ke Medan. Pengirim tahap pertama tersebut tiba di Medan, kemarin dan disimpan di Gudang Bulog di Jalan Mustafa Medan.

Dari sana, KPUD Sumut mendistribusikan surat suara tersebut ke sejumlah kabupaten/kota yang ada di seluruh Sumatera Utara.(THA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *