RIDWAN PANJAITAN DITAHAN

Medan-andalas Ridwan Panjaitan resmi ditahan penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Poldasu setelah menjalani pemeriksaan selama beberapa jam di Mapoldasu, Rabu (6/2).

Pria yang sebelumnya santer diberitakan sebagai asisten pribadi (Aspri) Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho itu tiba di Mapolda Sumut, sekitar pukul 10.30 WIB. Ridwan tiba didampingi kuasa hukumnya.

Saat masuk gedung Ditreskrimsus, Ridwan datang ke Poldasu untuk memenuhi panggilan kedua dari penyidik untuk menjalani pemeriksaan, setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi yang merugikan negera mencapai Rp407.500.000.

Korupsi yang dilakukan Ridwan Panjaitan dari APBD Provsu tahun anggaran (TA) 2011 periode 1 januari hingga 30 Juni 2011 masa jabatan Kepala Biro/KPA H Ashari Siregar SH dan Bendahara Aminuddin SH.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Sumut, Kombes Pol Sadono Budi Nugroho kepada andalas mengaku, pihaknya langsung melakukan penahanan terhadap Ridwan Panjaitan, usai dimintai keterangan. “Habis diperiksa, langsung ditahan,” ujar Sadono, melalui telepon selulernya.

Saat disinggung mengenai perkembangan pemeriksaan yang mereka lakukan, Sadono belum bisa menjelaskan. “Dia (Ridwan Panjaitan, red) masih menjalani pemeriksaan. Jadi belum bisa dijelaskan secara detail dulu. Tunggu siap diperiksalah ya,” sarannya.

Sadono mengaku kasus yang menjerat Ridwan bakal menyeret beberapa pejabat Pemprovsu lainnya. “Ini satu kita tuntaskan. Pasti bakal berkembang,” katanya.

Pantauan andalas, usai menjalani pemeriksaan selama 6 jam, Ridwan dibawa penyidik ke Bid Dokkes Polda Sumut untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dijebloskan ke dalam Rumah Tahanan Polisi (RTP) Polda Sumut.

Setelah menjalani cek kesehatan sekitar 10 menit, Ridwan Panjaitan kemudian dibawa keluar dari Dokkes Polda Sumut dan dengan pengawalan ketat petugas, dia digiring masuk ke RTP Polda Sumut.

Sebelumnya, Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST telah membantah kalau Ridwan Panjaitan merupakan asisten pribadi ataupun sekretaris pribadi (Sespri)-nya. Ia juga menegaskan kalau pun yang dimaksud pemberitaan Sespri sebagai ajudan, maka ajudannya adalah Fuad Damanik dan Tengku Husairi.

“Ajudan saya saat ini ada dua yakni Fuad Damanik dan satu lagi Tengku Husairi, sebelumnya adalah Hedra Siregar,” jawab Gatot saat ditanya wartawan mengenai status jabatan Ridwan Panjaitan, usai melepas Kirab Pramuka di halaman Kantor Gubernur Sumut, senin (4/2) lalu.

Ditanya apa sebenarnya posisi jabatan Ridwan Panjaitan, Plt Gubsu mengatakan bahwa Ridwan pernah sebagai staf pribadinya sejak tahun 2008.

“Dulu beliau adalah staf pribadi saya ketika proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2008. Setelah menjabat Wagub ataupun Plt Gubsu, ajudan saya adalah Hendra Siregar dan saat ini adalah Fuad dan Husairi,” jawabnya.

Ridwan memang pernah beberapa tahun bertugas sebagai staf administrasi surat-menyurat di ruang wakil gubernur. Setelah  menjadi CPNS, Ridwan ditempatkan sebagai Staf Bapemas Provsu dan diperbantukan di bagian protokol.(THA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *