RICHARD LINGGA FASILITASI PENYERAHAN SELAMAT JONI KE RS JIWA

Anggota DPRD Sumut, Richard Eddy M Lingga SE memfasilitasi penyerahan seorang penderita gangguan jiwa, Selamat Joni ke RS Jiwa M Ildrem Medan, Selasa (5/2).

Sebab, selama ini Joni kerap mengancam keselamatan jiwa ibunya Norita Boru Simanungkalit dan warga sekitar kediamannya Desa Kalang Baru, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

“Dia sering mengacung-acungkan senjata tajam kepada ibundanya juga kepada warga sekitar rumahnya. Pihak keluarga menghubungi saya agar bisa difasilitasi ke rumah sakit tersebut,” ungkap Richard Lingga kepada wartawan, kemarin.

Ulah Joni, kata Richard, telah membuat resah sehingga keluarga memberitahukan yang mereka alami kepada Kepala Desa Kalang Baru untuk mengambil langkah demi keselamatan warganya.

Karena laporan tersebut, Joni sempat diamankan sementara di Mapolsek Sidikalang. Setelah itu, pihak keluarga memohon bantuan kepada Richard Lingga agar difasilitasi ke RS Jiwa M Ildrem Medan.

Menggunakan ambulance Golkar Peduli yang disediakan Richard Lingga sebagai bentuk kepedulian sosialnya kepada masyarakat, Selamat Joni dibawa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut Richard Lingga, sebenarnya dia tak menginginkan anak berpisah sementara dengan orang tuanya. Tapi, karena kondisi jiwa Joni terganggu hingga mengancam kesemalatan orang di sekitarnya, dia terpaksa menuturi kemauan pihak keluarga.

“Sebenarnya saya kasihan melihatnya, tapi karena jiwanya tergganggu dan mengancam kesematan orang lain, saya terpaksa melakukan hal itu. Saya tak punya maksud apa-apa, hanya menolong,”kata politisi Golkar yang setiap pekan berkunjung ke daerah menemui rakyat.

Richard menambahkan, pasien saat ini masih berada di rumah sakit tersebut untuk menjalani perawatan lebih lanjut, dibiayai Jamkesmas karena keluarga mereka miskin dan anak yatim dan juga sepuluh bulan lalu rumah mereka hangus terbakar.(oe)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *