REKRUTMEN CALON KARYAWAN PTPN III DIDUGA REKAYASA

Sei Silau-andalas Seleksi penerimaan (rekrutmen) calon tenaga kerja (Cakar) di PTPN III Kebun Sei Silau Asahan, diduga penuh dengan rekayasa. Demikian pengakuan beberapa calon karyawan yang gagal mengikuti test, ketika dikonfirmasi saat melihat pengumuman hasil pemeriksaan fisik dan keabsahan serta kelengkapan berkas.

Mereka mengatakan, kegagalan disebabkan saat mendaftar untuk mengikuti test Cakar tersebut, tidak ada pemberitahuan secara lisan maupun tertulis, bahwa pada 22 Januari 2013 akan dilaksanakan test. “Hanya dikatakan para petugas penerimaan Cakar nanti akan dihubungi via telepon kapan dilaksanakan test dimaksud,”beber mereka, kepada andalas, Rabu (6/2).

Sementara, hasil pantauan andalas semenjak pendaftaran calon karyawan yang dimulai 16 Januari hingga penutupan pendaftaran 21 Januari 2013, di setiap Afdeling Kebun Sei Silau, tidak ada pemberitahuan kepada para cakar maupun pengumuman ditempelkan di setiap papan pengumuman Kantor Afdeling, kapan test pemeriksaan fisik dan keabsahan serta kelengkapan berkas dimulai.

Namun, tiba-tiba saja pada Rabu 23 Januari diumumkan hasil test tersebut. Hal ini juga diakui para cakar yang gagal, seperti Ahmad Safii Saragih dan puluhan cakar lainnya yang merasa kecewa akibat tidak ada pemberitahuan mengakibatkan mereka gagal.

Kejanggalan lainnya sesuai pantauan di lapangan pada test uji kompetensi menjawab pertanyaan melalui tulisan tanggal 25 Januari sesuai jadwal dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB, ternyata molor hingga satu jam.

Menurut sumber, molornya ujian tertulis tersebut karena lembar soal dan jawaban marak beredar di tangan para calon karyawan yang akan mengikuti test tertulis pagi itu. Alhasil, oleh panitia cakar soal yang akan diuji tersebut diganti dengan soal lain.

Kejanggalan lain pada test cakar tersebut seharusnya dihadiri pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), bukan seorang oknum TNI yang mondar-mandir mengatur para calon karyawan. (FAS)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *